Kobalen Komitmen Pengembangan Pariwisata dan Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan

KOBALEN yang juga ketua DPP bidang pengabdian masyarakat Partai Gerindra akan komitmen mengabdikan dirinya

Kobalen Komitmen Pengembangan Pariwisata dan Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan
Ist
Kobalen 

BANGKAPOS.COM--Sebagai Calon Legislatif DPR RI Dapil Provinsi Bangka Belitung, KOBALEN yang juga ketua DPP bidang pengabdian masyarakat Partai Gerindra akan komitmen mengabdikan dirinya untuk banyak membantu keberlangsungan dan pertumbuhan pariwisata yang ada untuk mendukung sektor perekonomian kerakyatan di Bangka Belitung.

Salah satunya dengan cara mempromosikan potensi alam, budaya, sarana, prasarana dan keamanan guna menarik para wisatawan lokal dan mancanegara.

Setelah itu melakukan kerja sama dengan Asosiasi Wisata , Travel Nasional dan Internasional.

"Kita harus lakukan promosi yang cerdas, dan menyeluruh, artinya menggerakkan seluruh kepentingan, mulai dari tingkat pemerintah desa, pemerintah kecamatan, pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi, agen-agen travel dan wisata serta tentu melibatkan kementerian pariwisata,"ujarnya.

KOBALEN merasa bahwa potensi pariwisata yang ada di Bangka Belitung tudak kalah dengan yang ada selama ini di wilayah-wilayah Indonesia lainnya, dirinya mengatakan mulai dari pantai, hutan yang bisa dijadikan wisata hutan pun ada, tradisi dan kebudayaan kearifan lokalnya, hingga ragam kuliner. Jadi diakuinya bukan lagi alasan untuk mulai memperhatikan potensi ekonomi besar sektor pariwisata yang ada.

KOBALEN mengatakan bergeraknya sektor pariwisata akan memiliki daya tarik dalam menggerakan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Bangka Belitung, karena diakuinya para wisatawan senang berbelanja dan menikmati berbagai produk di daerah tujuan wisata.

“Jadi adanya pelaku-pelaku UKM akan terbantu sekali dengan bergeraknya sektor pariwisata. Keberadaan daerah yang mempunyai tempat-tempat wisata akan menyuburkan dan menumbuhkan UKM. Di sisi lain, pariwisata itu butuh dukungan UKM dan itu sudah mekanismenya,” ungkapnya.

Dikatakannya supaya destinasi-destinasi wisata yang ada semakin banyak mendatangkan daya tarik, semua stakeholder daerah harus satu visi dan misi mampu memberikan juga ruang gerak yang sebesar-besarnya untuk pertumbuhan UKM sebagai penunjang daya tarik pariwisata yang ada.

"Di sini peran UKM sangat diperlukan. Hal itu bisa ditunjukkan dengan kehadiran kuliner khas daerah, kerajinan khas, keindahan alam yang dimiliki, dan sebagainya, Bangka Belitung punya itu semua dan mereka itu adalah salah satu marketing nya pariwisata," ungkapnya Selasa, (09/04).

KOBALEN menilai sangat penting untuk memaksimalkan potensi dari UKM tersebut di wilayah-wilayah destinasi wisata. Selain itu lanjutnya dengan memaksimalkan UKM tentu membawa dampak positif lainnya yaitu mengurangi angka pengangguran karena akan dengan sendirinya membuka lowongan pekerjaaan untuk masyarakat sekitar.

"Nantinya bisa pemerataan masyarakat, tingkat pekerjaan meningkat, pengangguran menurun,"ucapnya.

Oleh karena itu KOBALEN sebagai calon legislatif DPR RI daerah pemilihan Provinsi Bangka Belitung nomor urut satu (1) dari partai Gerindra, akan benar-benar "concern" pada beberapa hal yang akan membawa perubahan ke arah lebih baik untuk UKM dan pariwisata di Bangka Belitung. Menurutnya, bila satu wilayah sudah memiliki potensi destinasi wisata, sudah seharusnya UKM yang ada secara langsung akan terkena dampak positif.

“ Saya akan terus membantu dan juga mengawasi pertumbuhan pariwisata dan UKM ini, baik dalam hal pemasaran dan branding produk dengan kemasan-kemasan yang menjual. Saat dua hal tersebut berjalan dengan semestinya dengan didorong juga tingkat kreativitas dan pemahaman pelaku UKM maupun pengelola wisata-wisata yang sudah bergerak maju, Dengan begitu, keberadaan pariwisata dan UKM-UKM disini dengan sendirinya bisa naik kelas dan setelahnya tentu menimbulkan efek yang luar biasa untuk pertumbuhan perekonomian masyarakat Bangka Belitung,” pungkasnya.

Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved