Berita Pangkalpinang

42 Ribu Surat Suara Pengganti Telah Tiba ke Babel, KPU Minta Langsung Sortir dan Lipat

Sebanyak 4.2731 surat suara pengganti untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah tiba, Minggu (14/4/2019) sore.

42 Ribu Surat Suara Pengganti Telah Tiba ke Babel, KPU Minta Langsung Sortir dan Lipat
Bangkapos.com/Dedi Qurniawan
Petugas saat mengawal troli surat suara pengganti di Bandara Depati Amir, Minggu (14/4/2019). 

BANGKAPOS.COM-- Sebanyak 4.2731 surat suara pengganti untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah tiba, Minggu (14/4/2019) sore.

Dari Soekarno Hatta, Cengkareng, surat suara dibawa menggunakan dua pesawat berbeda, yakni masing-masing Sriwijaya Air untuk ke Pulau Belitung telah tiba sekitar pukul 14.00 WIB, dan Lion Air untuk tujuan Pulau Bangka telah tiba sekitar pukul 17.00 WIB.

"Surat suara yang tiba ini langsung kami distribusikan ke KPU kabupaten kota di Babel. Dab malam hari ini, KPU kabupaten kota kami minta untuk langsung melakukan sortir dan pelipatan suara suara ini," kata Ketua KPU Babel Davitri di Bandara Depati Amir.

Pantauan Bangkapos.com di teriminal cargo Bandara Depati Amir, puluhan dus cokelat surat suara pengganti surat suara rusak dan kurang ini diangkut dari pesawat menggunakan rangkaian dua troli.
Dus-dus tersebut langsung disortir sesuai jatah kabupaten kota.

Tampak petugas dari KPU, Bawaslu, Avsec dan kepolisian menngatur pembagian surat suara. Mereka tampak memastikan jumlahnya cukup sesuai kebutuhan.

"Kami percaya kinerja kawan-kawan di kabupaten kota bahwa malam hari ini dan besok persoalan kekurangan surat suara ini bisa dituntaskan, dan tidak ada lagi kekurangan-kekurangan logistik surat suara yang lain," tegas Davitri.

Selanjutnya KPU akan mendistribusikan logistik Pemilu 2019. Waktu pedistribusian berbeda-beda.

Pangkalpinang misalnya akan didistribusikan pada H-1 pencoblosan. Adapun daerah-daerah kepulauan seperti Leparpongok, telah didistribusikan pada hari ini, Minggu (14/4/2019), Pulau Belitung dilakukan pada Senin (15/4/2019).

"Semalam kami sudah plenokan, bahwa ada 3800 TPS reguler di Babel, dan ada 3 TPS berbasis DPTb. Dan surat suara berbasis DPTb, hari ini datang, dan itu sudah lengkap. Jadi tidak ada kendala terkait jumlah surat suara pasa TPS berbasis DPTb di Lapas Tuatunu, Lapas narkotika, dan Lapas Bukitsemut. Ini kami kira sudah clear," katanya. (Bangkapos.com/Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved