Awas, Kini Makin Banyak Remaja Kena Hipertensi, Ternyata Ini 4 Penyebabnya

Hipertensi sering disebut sebagai penyakit orang tua. Yang nggak disadari adalah, kini makin banyak remaja kena hipertensi. Penyakit hipertensi pada r

Awas, Kini Makin Banyak Remaja Kena Hipertensi, Ternyata Ini 4 Penyebabnya
Pixabay/Free-Photos
Tips Sehat, 5 Makanan Diet yang Cocok untuk Penderita Hipertensi 

BANGKAPOS.COM - Hipertensi sering disebut sebagai penyakit orang tua. Yang nggak disadari adalah, kini makin banyak remaja kena hipertensi.

Penyakit hipertensi pada remaja dan anak kecil ditemukan semakin banyak tiap harinya di dunia.

Di Amerika Serikat, sekitar 20% orang dewasa-muda dengan usia 18-30 tahun yang berisiko penyakit jantung koroner lebih dahulu didiagnosis hipertensi.

Sedangkan di Indonesia, data Riset Kesehatan Dasar 2013 memperlihatkan bahwa dari 25,8 persen total kasus hipertensi nasional, ternyata 5,3% di antaranya dipegang oleh remaja berusia 15-17 tahun.

Sekitar 90-95% penyakit hipertensi di dunia termasuk jenis hipertensi primer. Hipertensi primer adalah kondisi tekanan darah tinggi yang nggak jelas apa penyebabnya, penyakit hipertensi primer juga nggak disebabkan atau dipengaruhi oleh kondisi medis apa pun.

Sedangkan yang lainnya termasuk ke dalam kategori hipertensi sekunder. Hipertensi yang disebabkan oleh suatu kondisi medis tertentu yang menyerang fungsi ginjal, pembuluh darah, jantung, dan sistem endokrin.

Penyebab penyakit hipertensi sekunder pada remaja adalah penyakit ginjal turunan atau bawaan, kelainan fungsi atau bentuk aorta, sleep apnea, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), atau masalah tiroid (hipotiroidisme atau hipertiroidisme). Perempuan yang masih muda juga lebih berisiko terkena hipertensi apabila cukup sering meminum pil KB.

Sebagian besar penyakit hipertensi pada remaja tergolong dalam hipertensi primer. Walau belum diketahui secara jelas apa penyebab spesifiknya, hipertensi primer kemungkinan besar dipengaruhi oleh faktor keturunan atau gaya hidup yang nggak sehat—bahkan kombinasi keduanya//

Terkait dengan hal tersebut, penting bagi kita untuk mengetahui apa saha kemungkinan penyebab terjadinya hipertensi. Tujuannya adalah untuk menghindari sedini mungkin faktor pencetus yang memang dapat dihindari.
    

1.    Faktor Genetik
Riwayat hipertensi turunan dalam keluarga dapat meningkatkan risiko hipertensi pada remaja generasi berikutnya.

Halaman
123
Editor: tidakada016
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved