Berita Pangkalpinang

Erzaldi Ajak ASN Sukseskan Pemilu 2019 dan Istikharah Sebelum Tentukan Pilihan

"Perkara pilihan, silakan hati nurani kalian. Mau pilih siapa, silakan. Cuma sebelum memilih, sebagai seorang muslim, hendaknya lakukan istkharah.

Erzaldi Ajak ASN Sukseskan Pemilu 2019 dan Istikharah Sebelum Tentukan Pilihan
Bangkapos/Dedi Qurniawan
Upacara mingguan yang digelar Pemprov Babel di halaman Kantor Gubernur Babel, Senin (15/4/2019). 

BANGKAPOS.COM-- "Perkara pilihan, silakan hati nurani kalian. Mau pilih siapa, silakan. Cuma sebelum memilih, sebagai seorang muslim, hendaknya lakukan istkharah dulu. Jangan sekali, tetapi dua kali. Insyaallah dua kali itu, kita puas (dalam menentukan pilihan)," kata Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman saat menjadi pembina upacara mingguan di halaman Kantor Gubernur Babel, Senin (15/4/2019) pagi.

Pada upacara mingguan itu ia mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai Pemprov Bangka Belitung untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari pencoblosan, Rabu (17/4/2019) nanti. Ini adalah upacara mingguan yang ketiga digelar Pemprov Babel guna menekankan netralitas ASN dan ajakan untuk menyukseskan Pemilu 2019 selama April 2019 ini.

"Datang ke TPS masing-masing, jangan golput. Satu suara itu sangat berarti... Jangan dianggap enteng. Segera ke TPS, ajak istri dan anak-anak yang sudah mempunyai hak pilih," kata Erzaldi

Mantan Bupati Bangka Tengah itu meminta ASN ikut menyukseskan Pemilu 2019 agar target partisipasi Pemilu 2019 di Babel sebesar 77,7 persen bisa tercapai. "Saya minta tolong ASN untuk mendorong itu. Harus ikut serta menyukseskan," ajak Erzaldi.

Selesai upacara, Erzaldi mengatakan, partisipasi pemilih pada Pemilu perlu didorong agar tinggi. Keikutsertaan masyarakat yang tinggi akan menentukan kualitas pemimpin dan wakil-wakil rakyat di legislatif pada berbagai tingkatan.

"Kalau tidak tinggi, nanti kira-kira yang terpilih ini memiliki potensi tidak untuk melakukan hal-hal yang baik ke depan. Tentunya kita ingin negara kita ini lebih baik ke depan," katanya.

Disinggung soal ajakan salat istikharah sebelum memilih, Erzaldi mengatakan semakin banyak dilakukan semakin bagus. "Dua kali, tiga kali, empat kali, lima kali, lebih bagus. Berapa kali, Pak, bagusnya, nah tiga kali," saran Erzaldi sambil bertanya pada Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Babel Sahirman Jumli yang berada di samping dirinya.

Sebelumnya di dalam upacara, Erzaldi juga mengapresiasi jajarannya karena hingga H-2 jelang pencoblosan ini, dirinya belum pernah menindak ASN Pemprov yang dinyatakan tak netral pada Pemilu kali ini. "Saya mengucapkan terima kasih, kalian telah menunjukkan netralitas kalian," ucapnya.

Namun, kata dia, tadi pagi, dirinya mendapatkan screenshot dari masyarakat agar memberikan tindakan kepada ASN yang diduga tak netral. Laporan itu kemudian ia teruskan kepada Kepada Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Sahirman Jumli agar segera ditindaklanjuti.

"Perkara dukung siapa-siapa ini, sudahlah, dalam hati saja. Pilihlah, tidak perlu sebar-sebar pilih ini itu," katanya.

Kepada wartawan, dia menyampaikan agar masyarakat sebenarnya bisa melaporkan dugaan ASB tak netral ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). (Bangkapos.com/Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved