Berita Pangkalpinang

Gara-gara TPA Paritenam, Erzaldi: Saya Sakit Perut Pagi Ini Menghirup Udara Sampah Itu

Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman meminta agar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kepulauan Babel responsif memuntaskan permasalahan TPA Parit Enam

Gara-gara TPA Paritenam, Erzaldi: Saya Sakit Perut Pagi Ini Menghirup Udara Sampah Itu
Bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Gubernur Babel Erzaldi Rosman 

BANGKAPOS.COM-- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman meminta agar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kepulauan Babel responsif memuntaskan permasalahan TPA Paritenam. Ini ia sampaikan saat menjadi pembina upacara mingguan di halaman kantor Gubernur Babel, Senin (15/4/2019) pagi.

"Saya sakit perut pagi ini ngirup udara sampah itu," kata Mantan Bupati Bangka Tengah itu.
"Malu kita kalau TPA sampai bau begini. Apalagi dekat dengan kantor gubernur dan bandara. Ya kalian sih tidak malu, saya yang jadi gubernurnya malu," ucap Erzaldi.

Kepada wartawan seusai upacara, Erzaldi mengatakan, bau TPA Paritenam sudah bau ke mana-mana. Saat sebelum apel, dia mengaku sakit perut karena mencium aroma tak sedap dari TPA Paritenam yang sampai ke komplek kantor gubernur.

"Jadi saya sampaikan ke Pak Eko, segeralah panggil Bupati Bangka Tengah dan Wali Kota Pangkalpinang, langsung ke TPA Regional. Segera. Yang Paritenam segera dikelola, hilangkan baunya,"kata dia.

Pemprov Babel, kata dia, telah menyiapkan rencana pengelolaan TPA Regional. Termasuk nggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 28 miliar.

"Serahkan saja ke kami yang TPA Regional ini. Yang belum sepakat ini, Pangkalpinang mau minta tambahan berapa anggaran untuk transportasi (pengangkut sampah dari Pangkalpinang menuju TPA Regional). Bangka Tengah katanya sudah siap, kalau sudah siap, ya bebaskan (lahannya) segera," tutur Erzaldi.

TPA Paritenam diketahui telah overload dan letaknya dinilai udah tidak representatif lagi sebab berada di dalam kota. Pada saat-saat tertentu, TPA dikeluhkan sering mengeluarkan bau tak sedap yang tercium hingga Kantor Gubernur dan Bandara Depati Amir.

Pemprov Babel berencana membagun TPA Regional untuk mengatasi persoalan ini. (Bangkapos.com/Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved