Berita Pangkalpinang

Listrik Padam di Jebus dan Parit Tiga Gara-gara Gardu Induk Disambar Petir

Gangguan ini disebabkan sambaran petir yang ditimbulkan cuaca ekstrim yang terjadi di daerah itu.

Listrik Padam di Jebus dan Parit Tiga Gara-gara Gardu Induk Disambar Petir
bangkapos/edwardi
Petugas PLN sedang melakukan perbaikan gangguan listrik. 

BANGKAPOS COM -- Pemadaman listrik PLN yang terjadi di Kecamatan Parit Tiga dan Jebus Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kep. Bangka Belitung disebabkan adanya gangguan pada line transmisi Kelapa dan Koba.

Gangguan ini disebabkan sambaran petir yang ditimbulkan cuaca ekstrim yang terjadi di daerah itu.

"Terkait kejadian padam di Kecamatan Parit Tiga, Jebus dan sekitarnya kemarin siang disebabkan oleh gangguan pada line transmisi Kelapa dan Koba yang disebabkan oleh sambaran petir yang ditimbulkan dari cuaca ekstrim," kata Pandhu Kusumawardana, Assistant Manager Komunikasi PLN UIW Bangka Belitung, Selasa (16/04/2019).

Dijelaskannya, kejadian ini berdampak pada gardu induk (GI) Kelapa yang menyuplai listrik di Bangka Barat, GI Pangkalpinang dan GI koba.

"Petugas segera melakukan langkah penormalan secara bertahap, dan pada pukul 16.15 WIB semua penyulang kembali normal," ujarnya.

Diungkapkannya, rekayasa distribusi listrik apabila terjadinya padam baik yang terjadi akibat faktor cuaca dan peralatan.

"Kami menyiapkan Standard Operating Procedure (SOP) bagaimana melakukan manuver (pengalihan beban). Selain itu juga menggunakan sistem supervisory control and data acquusition (SCADA), yaitu sistem kendali berbasis komputer yang bisa dilakukan dari control room jika terjadi gangguan di lapangan, sehingga proses penormalan bisa lebih cepat," jelasnya.

Ditambahkannya kondisi kelistrikan saat ini supply daya di sistem Bangka sebesar 187 MW dengan demand 144 MW sedangkan pada sistem Belitung tercatat supply sebesar 75 MW dengan demand 45 MW.

(BANGKAPOS/EDWARDI)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved