Pemilu 2019

KPU Babar Akui, Ada Rekomendasi PSU dari Bawaslu

KPU Kabupaten Bangka Barat mengakui bila ada rekomendasi dari Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan untuk dilakukan pemungutan suara ulang (PSU).

KPU Babar Akui, Ada Rekomendasi PSU dari Bawaslu
Bangkapos.com/Hendra
Pardi, Ketua KPU Bangka Barat 

BANGKAPOS.COM-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat mengakui bila ada rekomendasi dari Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan untuk dilakukan pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 4 Desa Sangku, Kecamatan Tempilang.

Ketua KPU Bangka Barat, Pardi kepada bangkapos.com, Jumat (19/4/2019) mengatakan rekomendasi PSU tersebut belum sampai ke tingkat kabupaten.

"Ada rekomendasinya, tapi baru sampai tingkat kecamatan saja dan kita masih mempelajarinya, tapi rekomendasi ke kita (kabupaten) belum ada. Kalaupun mau dilakukan PSU kita siap saja," kata Pardi.

Dia menjelaskan PSU yang direkomendasikan oleh bawaslu itu terkait ada beberapa pemilih yang tak terdaftar di DPT. Tetapi dari hasil pengecekan KPU Babar ke catatan sipil pemilih tersebut masuk dalam DPT.

"Pemilih yang disebut bermasalah itu ada 11 orang dari luar dapil di TPS 4 itu. Kita cek tidak ada masalah. Kita verifikasi di catatan sipil mereka memilikk KTP el," kata Pardi.

Dari hasil verifikasi KPU, kata Pardi ternyata 6 orang masuk dalam DPT, tetapi berada diluar dapil. Kemudian 5 orang tidak masuk DPT tapi memiliki KTP el.

"Kalau masuk DPT tentunya boleh memilih diluar TPS terdaftar tapi menggunakan A5. Meskipun tidak terdaftar tapi punya KTP el juga punya hak untuk memilih. Jadi menurut kami tidak ada masalah dengan DPT di TPS 4 Desa Sangku itu. Tapi kami masih mempelajari bagaimana rekomendasi dari Bawaslu soal PSU," jelas Pardi.        (Bangkapos.com/Hendra)

Penulis: Hendra
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved