Berita Pangkalpinang

Pedagang Pangkalpinang Sebut Harga Ayam Naik Sejak Dua Hari Lalu, Kini Capai Rp 45 Ribu/kg

Normalnya harga daging ayam bersih berkisar Rp 30-32 ribu/kg, sedangkan untuk daging ayam bulat Rp 27-29 ribu/kg.

Pedagang Pangkalpinang Sebut Harga Ayam Naik Sejak Dua Hari Lalu, Kini Capai Rp 45 Ribu/kg
Dokumen Bangka Pos
Lapak pedagang ayam potong di pasar tradisional Muntok, Minggu (3/7/2016) siang 

BANGKAPOS.COM  - Harga daging ayam di Pangkalpinang sejak tiga hari belakangan terus melonjak. Pantauan bangkapos.com di Pasar Jalan Irian dan Pasar Pagi Pangkalpinang, harga daging ayam bersih capai Rp 45 ribu/kg, sedangkan untuk ayam bulat Rp 40 ribu/kg, Minggu (21/4/2019).

Normalnya harga daging ayam bersih berkisar Rp 30-32 ribu/kg, sedangkan untuk daging ayam bulat Rp 27-29 ribu/kg.

Kenaikan daging ayam ini mulai terjadi sekitar Jum'at (19/4/2019) lalu. Kendati harga daging ayam cukup tinggi namun permintaannya masih tinggi.

"Lah dari Jum'at kemarin harganya tinggi pertama Rp 35 ribu terus naik-naik terus sampai hari ini Rp 45 ribu kalau bersih, kalau bulat Rp 40 ribu/kg. Ngambilnya juga sudah tinggi makanya jualnya tinggi," kata salah satu pedagang ayam yang ditemui Bangka Pos di Pasar Pagi, Minggu (21/4/2019).

Tak hanya di Pasar Pagi, di Pasar Irian pun harga daging ayam sama. Kenaikan harga ini dipicu oleh tingginya permintaan, lantaran adanya lebaran ruahan di beberapa daerah.

"Biasalah harga ayam tinggi kalau ruah, ruah ini kan banyak orang nanggung, ade beberapa kampung lebaran, Kace lebaran. Mungkin tu lah yang bikin harga ayam naik," kata Nani, pedagang di Pasar Jalan Irian.

Nani memperkirakan harga ayam ini akan bertahan hingga dua hari kedepan, setelah itu akan turun dan akan naik kembali menjelang Ramadan.

"Tiap tahun begitu, setelah ini turun lagi. Nanti pas lah nek dekat puasa H-2 mulai naik lagi. Kami juga ngambilnya tinggi, makanya jualnya tinggi," katanya.

Meski harga ayam terbilang tinggi, namun konsumen tetap memilih membeli ayam sebagai lauk.

"Beli ayam lah biar mahal, ikan kemarin katanya ada cacing, daging sekilo Rp 120 ribu. Bangka ni emang jarang murah, bumbu bawang merah sampai Rp 46 ribu sekilo. Sekarang mahal semua, pening bagi duit, biasa Rp 50 ribu lah dapat 1,7 ons ayam ni baru dapat 1 kg," keluh Sila saat berbincang dengan bangkapos.com  

(Bangka Pos/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved