Berita Pangkalpinang

Balai Karantina Pertanian Catat 1.730 Ekor Sapi Masuk Babel Tiga Bulan In

Balai Karantina pertanian kelas II Pangkalpinang mencatat hingga 30 Maret 2019 sebanyak 1.730 ekor sapi masuk ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Balai Karantina Pertanian Catat 1.730 Ekor Sapi Masuk Babel Tiga Bulan In
Bangkapos.com/Krisyanidayati
┬áKasi Karantina Hewan Balai Karantina pertanian kelas II Pangkalpinang, Akhir Santoso. 

BANGKAPOS.COM--  Balai Karantina pertanian kelas II Pangkalpinang mencatat hingga 30 Maret 2019 sebanyak 1.730 ekor sapi masuk ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui pelabuhan Mentok.

"Pintu masuknya banyak, itu yang masuk dari Mentok saja, seperti Telur itu kebanyakan dari palembang melalui pelabuhan Mentok, kemudian kalau sapi dari Madura dan Lampung melalui Pangkalbalam," kata Kasi Karantina Hewan Balai Karantina Pertanian Kelas II Pangkalpinang, Akhir Santoso kepada bangkapos.com, Senin (22/4/2019).

Ia mengatakan, selain sapi yang masuk ke Babel melalui pelabuhan Mentok yakni 14.166 ekor ayam dan daging kerbau 15.133 kg. Tak hanya itu, untuk telor ayam yang masuk sebanyak 2.698.845kg.

"Kalau sapi ini kebanyakan masuk nanti menjelang idul Adha biasanya, tapi biasanya sebelum idul fitri nanti ada masuk lagi," kata Akhir Santoso.

Adapun lalu lintas barang pertanian dan hewan untuk di Bangka melalui m Bandara Depati Amir, Pelabuhan Pangkal Balam, Pelabuhan Muntok, Pelabuhan Sungai Selan. Untuk di Belitung melalui Bandara Hananjoeddin, Pelabuhan Tanjung Pandan dan Pelabuhan Manggar.

"Banyak sebenarnya yang masuk, ada daging olahan, doc, keju, telur. Telur itu satu bulan kisaran rata-rata 900 ton yang masuk," sebutnya.

Sedangkan untuk lalu lintas ke luar hewan lebih banyak ditujukan ke Tanjung Pandan.

"Lalu lintas pengeluaran yang melalui pelabuhan pangkal balam ada pengiriman sapi ke Tanjung Pandan 118 ekor frekuensinya 12 kali, kambing juga ada 60 ekor, kemudianmdaging ayam ini yang ke belitung 37.929 kg hampir 38 ton," katanya. (Bangkapos.com/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved