Berita Pangkalpinang

Jelang Ramadan, Satgas Pangan Undang Distributor dan Soroti Pengangkutan Pangan

Komoditi yang sudah mulai naik adalah bawang merah, bawang putih, dan daging ayam. Oleh karena itulah pihak distributor turut diundang

Jelang Ramadan, Satgas Pangan Undang Distributor dan Soroti Pengangkutan Pangan
Bangka Pos/Muhammad Rizki
Suasana pertemuan koordinasi pengendalian stabililasasi harga dan pasokan bahan pangan, dalam rangka memasuki bulan Ramadan dan Idul Fitri 1440 Hijriah tahun 2019, yang bertempat di Hotel Bangka City. 

BANGKAPOS.COM  - Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan pertemuan koordinasi pengendalian stabililasasi harga dan pasokan bahan pangan, dalam rangka memasuki bulan Ramadan dan Idul Fitri 1440 Hijriah tahun 2019, yang bertempat di Hotel Bangka City, Senin (22/04/2019).

Kepala Dinas Pangan Provinsi Bangka Belitung, Ahmad Damiri mengatakan jika kegiatan pada hari ini guna mencari solusi sebagai buntut meningkatnya harga beberapa komoditi di pasaran menjelang memasuki bulan Ramadan dan Idul Fitri 2019.

"Pada hari ini kita akan mencari solusi bersama distributor, organisasi perangkat daerah (OPD), apa-apa saja langkah ke depan sehubungan demgan kenaikan harga barang tersebut." ujar Ahmad, Senin (22/4) saat ditemui di lokasi acara.

Ahmad mencontohkan jika satu diantara permasalahan yang harus dicari solusinya adalah dalam hal pengangkutan pangan, yang berhubungan dengan pihak terkait seperti Pol Air, dan pelabuhan. Sehingga harus dicari solusi sesegera mungkin, sehingga dapat menekan harga.

Tradisi Ruwahan di Provinsi Bangka Belitung juga dinilai Ahmad menjadi satu diantara penyebab meningkatnya harga komoditi di pasaran, selain datangnya bulan Ramadan dan Idul Fitri.

"Memang setiap tahun, data kita cenderung naik itu menjelang tradisi ruwahan. Karena banyak masyarakat yang merayakan tradisi ruwahan, sehingga stock yang ada menjadi kurang."

Grafik setiap tahun di Provinsi Bangka Belitung menunjukkan jika harga akan naik menjelang tradisi ruwahan, kemudian akan kembali turun pada saat awal bulan Ramadan dan kembali naik H-7 Idul Fitri.

Sementara ini komodi yang sudah mulai naik adalah bawang merah, bawang putih, dan daging ayam. Oleh karena itulah pihak distributor turut diundang untuk dimintai solusi dan permasalahan apa yang dihadapi oleh distributor sehingga harga komoditi tersebut bisa naik.

Ahmad berharap dari kegiatan kali ini, melalui kerjasama antara satgas pangan dan pihak distributor, dapat menekan harga agar tidak naik, dan diharapkan jika harga ini dapat tetap stabil. Satgas pangan pun selesai acara ini akan dibentuk tim untuk turun ke lapangan guna memantau stok dan harga di lapangan.

(Bangka Pos/Muhammad Rizki)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved