Berita Sungailiat

Kades Cit: "Warga Jangan Birak Sekaput"

Warga Desa Cit Kecamatan Riausilip Bangka diharuskan menjaga kebersihan lingkungan. Kesehatan menjadi hal utama yang harus dijaga.

Kades Cit:
(Bangkapos/Ferylaskari)
Kades Cit, H Ardani alias Ustadz Sumin

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Warga Desa Cit Kecamatan Riausilip Bangka diharuskan menjaga kebersihan lingkungan. Kesehatan menjadi hal utama yang harus dijaga.

Warga juga diimbau agar tidak buang air besar disembarang tempat. Imbauan itu disampaikan Pihak Puskemas Riausilip kepada perwakilan warga saat sosialisasi di Aula Kantor Desa Cit, Senin (22/4/2019).

"Telah digelar pertemuan antara Pihak Puskemas Riausilip dengan warga kami di Desa Cit. Pertemuan membahas soal kebersihan lingkungan," kata Kepala Desa (Kades) Cit, H Ardani alias Haji Dani ketika ditemui Bangka Pos, Senin (22/5/2019).

Desa Cit memiliki tiga dusun, masing-masing Dusun Cit, Dusun Sidorejo dan Dusun Kayuarang. Setiap dusun mengirimkan sepuluh orang perwakilan kepala keluarga (KK) untuk hadir di pertemuan yang dimaksud.

Sekitar 30 orang kepala keluarga mendengarkan materi sosialisasi tentang pentingnya arti kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Materi disampaikan oleh narasumber Puskemas Riausilip, mendapat respon positif oleh warga. Pokok materi menganjurkan agar warga hidup bersih, termasuk tidak buang air besar di sembarang tempat.

"Mereka (Pihak Puskemas Riausilip) memberikan penyuluhan. Intinya agar warga jangan 'birak sekaput' (tidak buang air besar sembarangan)," katanya.

Puskesmas Riausilip kata Kades berharap Warga Desa Cit bisa buang air besar pada tempat yang semestinya (WC).

Bagi warga yang tidak punya WC pribadi dapat menggunakan WC umum yang diharapkan segera dibangun oleh pemerintah desa setempat. Namun sayang, Desa Cit tidak memiliki anggaran yang cukup untuk membangun fasiltas tersebut.

"Kami tidak bisa, karena dana desa kami terbatas," katanya.

(Bangkapos/Ferylaskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved