Interior

Mau Renovasi Rumah? Pastikan Dulu Isi Kontrak Kerja dengan Tukang

Menggunakan jasa arsitek atau kontraktor merupakan hubungan kerja yang membutuhkan sebuah kesepakatan yang menjaga komitmen masing-masing pihak.

Mau Renovasi Rumah? Pastikan Dulu Isi Kontrak Kerja dengan Tukang
idea
Rumusan pekerjaan yang memuat uraian secara jelas dan rinci mengenai lingkup kerja, nilai pekerjaan, dan batasan waktu pelaksanaan. 

BANGKAPOS.COM -  Menggunakan jasa arsitek atau kontraktor merupakan hubungan kerja yang membutuhkan sebuah kesepakatan yang menjaga komitmen masing-masing pihak.

Kesepakatan ini dituangkan dalam kontrak kerja konstruksi.

Rita Laksmitasari, arsitek, berapa pun nilai kontraknya, entah hanya merenovasi dapur atau kamar mandi, sebaiknya pelaksanaan pekerjaan diperkuat dengan kontrak kerja.

Sesuai UU Nomor 18 Tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi pasal 22 ayat 1, kontrak kerja konstruksi setidaknya harus mencakup uraian klausul mengenai beberapa hal berikut ini.

Pertama, para pihak yang terkait dengan kontrak kerja dan memuat secara jelas identitas para pihak tersebut.

Kedua, rumusan pekerjaan yang memuat uraian secara jelas dan rinci mengenai lingkup kerja, nilai pekerjaan, dan batasan waktu pelaksanaan.

Entah hanya merenovasi dapur atau kamar mandi, sebaiknya pelaksanaan pekerjaan diperkuat dengan kontrak kerja.

Ketiga, masa pertanggungan dan/atau pemeliharaan. Klausul ini memuat tentang jangka waktu pertanggungan dan/atau pemeliharaan yang menjadi tanggung jawab penyedia jasa.

Keempat, tenaga ahli (jika ada). Klausul ini memuat ketentuan tentang jumlah, klasifikasii, dan kualifikasi tenaga ahli untuk melaksanakan pekerjaan konstruksi.

Kelima, hak dan kewajiban pengguna jasa dan penyedia jasa. Klausul ini memuat hak pengguna jasa untuk memperoleh hasil pekerjaan konstruksi serta kewajibannya untuk memenuhi ketentuan yang diperjanjikan.

Hak penyedia jasa diperlukan untuk memperoleh informasi dan imbalan jasa serta kewajibannya dalam melaksanakan pekerjaan konstruksi.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Idea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved