Berita Pangkalpinang

Urutan ke-84 Pengelolaan Arsip 2018, Pemkot Pangkalpinang Dorong Maksimalkan Melalui Bimtek

2018 lalu Pangkalpinang menempati urutan ke 84 dari 508 kabupaten/kota se-Indonesia dalam hal pengelolaan kearsipan.

Urutan ke-84 Pengelolaan Arsip 2018, Pemkot Pangkalpinang Dorong Maksimalkan Melalui Bimtek
Bangka Pos/Ira Kurniati
Peserta bimtek pengelolaan arsip di ruang OR kantor Walikota Pangkalpinang, Selasa (23/4/2019). 

BANGKAPOS.COM  - Kepala dinas perpustakaan dan kearsipan Kota Pangkalpinang, Latip Pribadi menuturkan, 2018 lalu Pangkalpinang menempati urutan ke 84 dari 508 kabupaten/kota se-Indonesia dalam hal pengelolaan kearsipan. Dia menyebut, pencapaian ini sudah cukup baik namun belum secara maksimal.

Mendorong agar arsip dikelola secara fungsional dan mempersiapkan sumber daya yang mumpuni, pihaknya mengadakan bimbingan teknis pengelolaan arsip daerah, Selasa (24/4/2019). Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta dari seluruh OPD lingkungan pemerintah kota Pangkalpinang. Latip menyebut, pengelolaan arsip sangat penting untuk mengatur dokumen agar sesuai dengan peletekannya. Kearsipan juga dapat menentukan nilai aset.

"Keuntungannya di lima tahun atau 10 tahun mendatang. Arsip tertata dengan baik. Misalnya mencari dokumen batas wilayah, kalau arsip tertata akan lebih mudah didapatkan. Juga arsip rumah dinas, mudah mencari yang terdahulu." katanya.

Dia berharap arsip Pangkalpinang mampu bersaing dengan daerah lain sehingga pengelolaan dapat lebih maksimal diberikan.

Latip menyebut kedepan akan memperbaiki kondisi arsip di Pangkalpinang dan berharap setiap OPD memiliki satu orang arsiparis. Pasalnya pemerintah kota hanya memiliki enam orang arsiparis dan hal tersebut dirasa kurang dalam pengelolaan arsip daerah.

(Bangka Pos/ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved