Berita Pangkalpinang

Relokasi Pembangunan Baru Makorem 045 Garuda Jaya Karena Kebutuhan Mendesak

Keberadaan Markas Komando Resort Militer (Korem) 045/ Garuda Jaya bakal berpindah ke wilayah kawasan Air Itam, Kota Pangkalpinang

Relokasi Pembangunan Baru Makorem 045 Garuda Jaya Karena Kebutuhan Mendesak
Ist
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman saat meletakan batu pertama secara simbolis di sela-sela acara pencanangan pembangunan kantor Makorem 045/Garuda Jaya di komplek perkantoran Pemprov Babel 

BANGKAPOS.COM-- Keberadaan Markas Komando Resort Militer (Korem) 045/ Garuda Jaya bakal berpindah ke wilayah kawasan Air Itam, Kota Pangkalpinang, setelah sebelumnya Markas Korem tersebut berdomisili di wilayah Desa Namang, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah.

Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengatakan relokasi pembangunan kantor Korem 045/Garuda Jaya merupakan kebutuhan yang sangat mendesak.

Hal tersebut disampaikan Erzaldi, Rabu (24/4/2019) di sela-sela acara pencanangan pembangunan relokasi kantor Makorem 045 Garuda Jaya di kawasan Komplek Perkantoran Pemerintah Provinsi Babel, Air Itam, Pangkalpinang.

Menurut Erzaldi jika dilihat dari jumlah penduduk Babel tidak begitu besar, namun tantangannya sangat besar khususnya tantangan tentang keamanan teritorial.

Bahkan menurutnya, jika Provinsi Babel sendiri saat ini tercatat memiliki 1.000 lebih pulau, dan dari jumlah pulau tersebut baru 555 pulau yang dinamai serta 50 pulau yang ditempati ataupun ada penghuninya.

"Oleh karena itu saya menyambut baik atas peningkatan status Korem menjadi Tipe A, ini sangat wajib dan dibutuhkan terlebih daerah ini strategis berada di lingkar ALKI I yang selalu dilewati oleh kapal internasional," jelas Erzaldi melalui rilis yang disampaikan Kapenrem 045 Garuda Jaya, Mayor (Chb) Nawawi, Rabu (24/4/2019).

Ia berharap nantinya keberadaan Makorem akan lebih mantap terhadap pelayanan masyarakat dan dengan relokasi Makorem 045/Garuda Jaya akan menambah profesionalisme dalam menjalankan tugasnya di Babel.

Danrem 045/Garuda Jaya Kolonel Inf Dadang Arif Abdurahman mengatakan bahwa keberadaan Korem 045/Gaya sebagai satuan komando kewilayahan untuk membantu tugas pemerintah daerah dalam membina potensi wilayah baik itu aspek geografi, demografi dan kondisi sosial dengan segenap aspeknya dalam menjadikan wilayah sebagai ruang, alat untuk kepentingan pertahanan negara di darat.

"Keberadaan Makorem 045 Garuda Jaya kondisinya cukup jauh dari pusat kota dan pemerintahan sangat tidak efektif dan efisien dalam berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi maupun dengan instansi lainnya," kata danrem.

Berkenaan dengan penyediaan lahan relokasi Markas Korem oleh Pemprov, danrem atas nama keluarga besar Korem 045/Gaya mengucapkan terima kasih khususnya kepada gubernur atas terlaksananya relokasi Kantor Korem tersebut. (Bangkapos.com/Ryan Augusta)

Penulis: ryan augusta
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved