Berita Sungailiat

Pemkab Bangka Gelar Sosialisasi Bantuan Pangan Non Tunai

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka menggelar sosialisasi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun 2019.

Pemkab Bangka Gelar Sosialisasi Bantuan Pangan Non Tunai
ist/Kominfo Kabupaten Bangka
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka menggelar sosialisasi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun 2019. 

BANGKAPOS.COM--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka menggelar sosialisasi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun 2019.

Kegiatan sosialisasi BPNT tersebut secara resmi dibuka oleh Bupati Bangka yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejaheraan Rakyat, Teddy Sudarsono, Kamis (25/4/2019) di OR Setda Bangka.

Pada sambutannya Teddy menuturkan pemberian BPNT bertujuan untuk mengurangi beban ekonomi para Keluarga Penerima Manfaat (KPR) di Kabupaten Bangka, guna mendorong pencapaian pembangunan yang berkelanjutan.

"Bantuan ini tentu bertujuan mengurangi beban dan pemberian pangan kepada KPR untuk mendorong pencapaian pembangunan berkelanjutan," ungkap Teddy dalam rilis yang disampaikan ke Bangkapos, Kamis (25/4/2019).

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinsospemdes Kabupaten Bangka,  Arman Agus, menyampaikan kriteria BPNT yakni terdata DT-PFM, memiliki sosial ekonomi 25 persen terendah di Daerah pelaksanaan, memiliki kartu KKS, merupakan peserta PKH, merupakan masyarakat miskin 25 persen terbawah di Daerah dan memiliki rekening Bank.

"Terdata DT-PFM, memiliki sosial ekonomi 25% terendah di Daerah pelaksanaan, memiliki kartu KKS, merupakan peserta PKH, merupakan masyarakat miskin 25% terbawah di Daerah dan memiliki rekening di Bank," jelas Arman.

Lebih lanjut ia menjelaskan mekanisme dari cara kerja program tersebut yakni bantuan tidak dapat diambil secara tunai tetapi hanya dapat ditukarkan dengan beras atau telur di e-Warong serta dirinya menambahkan apabila bantuan tidak dibelanjakan pada pencairan sebelumnya, maka nilai bantuan tetap tersimpan dan terakumulasi dalam rekening bantuan pangan.

"Bantuan ini tidak diambil secara tunai, hanya dapat ditukarkan dengan beras atau telur di e-Warong. Kalau nanti bantuan tidak dibelanjakan pada pencairan tersebut, maka nilai bantuan tetap tersimpan dan terakumulasi dalam rekening bantuan pangan berikutnya," pungkasnya.

Acara tersebut dihadiri oleh segenap Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Bangka, para Perangkat Desa se Kabupaten Bangka serta menghadirkan narasumber dari Dinsos Prov. Babel, Drs. Rusli, M.PDI, Nannang Suwardi selaku Kasat Binmas Polres Bangka dan M. Ali Purnama dari Bank BRI Sungailiat.

 (Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved