Advertorial

Desa Semulut Kelola Tambak Udang dan Air Bersih

Desa Semulut Kecamatan Parittiga Kabupaten Bangka Barat mengelola tambak udang dan air bersih.

Desa Semulut Kelola Tambak Udang dan Air Bersih
Dok. Pemdes Semulut
Desa Semulut 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -  Desa Semulut merupakan satu diantara desa yang berada di Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat. Desa ini merupakan desa yang berdekatan dengan Desa Kapit dan Desa Bakit.

Pada perkembangannya sejak beberapa tahun ke belakang desa ini rutin melakukan upaya-upaya yang strategis dalam rangka memenuhi kebutuhan, syarat dan kelayakan untuk menjadi desa yang memiliki perkembangan yang baik.

Adanya bantuan dana desa dari pemerintah pusat merupakan bantuan yang sangat diperlukan dalam rangka pemerataan pembangunan, dan perkembangan kehidupan serta perekonomian kepada desa-desa termasuk Desa Semulut.

Kepala Desa Semulut, Sukarmin mengatakan, unit usaha yang saat ini dikelola BUMDes dengan jargon 'Mitra Semulut' ini adalah penyedia kebutuhan pertanian dan perkebunan dan sudah berjalan sejak tahun 2017 lalu.

Rencananya tahun 2019 ini akan ada penambahan unit usaha berupa pengolahan air bersih, dan juga tambak budidaya udang yang akan melibatkan Karang Taruna, Kelompok Nelayan, PKK, Kementerian Kelautan dan Perikanan pada pelaksanaannya.

"Unit usaha dari BUMDes sementara ini berkutat dengan perkebunan dan pertanian, karena basis pertanian dan perkebunan adalah mata pencaharian utama dari masyarakat Desa Semulut ini. Insya Allah di tahun ini kami selaku pemerintah desa dengan melibatkan masyarakat dan unsur-unsur pemerintah desa mengembangkan program-program seperti tambak budidaya udang," ujar Sukarmin.

Tambak udang tersebut sudah masuk ke pengembangan kawasan Desa Semulut, dan akan mengawalinya dengan budidaya jenis udang windu atau paname. Proyek yang akan berjalan tahun ini bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

"Kemudian Insya Allah juga akan mencoba merambah usaha pengelolaan air bersih yang nantinya saya harapkan ke semua unit usaha ini dapat menjadi tonggak perubahan perekonomian masyarakat di desa ini secara berkala," lanjut Sukarmin.

Kegiatan di Desa Semulut
Kegiatan di Desa Semulut (Dok. Pemdes Semulut)

Pada prospek pembangunan, Sukarmin menambahkan sudah dilakukan renovasi area lapangan sepakbola di Dusun Semulut Timur guna memberikan fasilitas olahraga yang lebih bagus kepada masyarakat.

Pada progres pemberdayaan pun, pihaknya intens memberikan perhatian kepada masyarakat dan pelaku-pelaku UKM di desa dengan memberikan bantuan-bantuan maupun pelatihan yang diperlukan.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved