Advertorial

SMA Negeri 1 Pangkalan Baru Peringati Hari Kartini dan Isra Mi’raj

SMA Negeri 1 Pangkalan Baru menyelenggarakan beragam kegiatan untuk menyemarakan Hari Kartini dan memperingati Isra Mi’raj.

SMA Negeri 1 Pangkalan Baru Peringati Hari Kartini dan Isra Mi’raj
Dok. SMAN 1 Pangkalan Baru
SMA Negeri 1 Pangkalan Baru menyelenggarakan beragam kegiatan untuk menyemarakan Hari Kartini dan memperingati Isra Mi’raj. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - SMA Negeri 1 Pangkalan Baru menyelenggarakan beragam kegiatan untuk menyemarakan Hari Kartini dan memperingati Isra Mi’raj 1440 H Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan yang digelar Rabu (24/4) kemarin itu diberi tajuk, “Menuju Pribadi Generasi Milenial Yang Lebih Baik Untuk Menjemput Ridho Allah SWT”.

Dalam acara tersebut hadir pengawas SMA Capdin (Cabang Dinas Pendidikan) Wilayah 2 Bangka Selatan dan Bangka Tengah, Bagus Priyanto, Perwakilan Komite, Motivator Nasional Ustaz Nardi Pratomo, SE, Kepala SMAN 1 Pangkalan Baru Nuraini Siburian, para guru, dan juga orangtua murid.

Kegiatan-kegiatan yang digelar anatara lain; lomba Fashi­on Show, Lomba Memasak, Lomba Nasyid, Lomba Syar’il Quran. Khusus lomba lomba Fashion Show dan lomba memasak peserta di dampingi orangtuanya.

Pengawas SMA Capdin (Cabang Dinas Pendidikan) Wilayah 2 Bagus Priyanto mengatakan “Makna dari Isra Mi’raj adalah bagaimana para generasi milenial ini khususnya para pelajar bisa membentengi diri dari pengaruh-pengaruh negatif di era global ini.”

“Juga peringatan hari Kartini ini adalah mengajak kita kembali mengingat perjuangan ibu Kartini dalam hal dunia pendidikan yang mana pada masa itu perempuan sangat kurang diperhatikan emansipasinya.”

Sementara Kepala SMAN 1 Pangkalan Baru, Nuraini Siburian mengatakan acara ini sebetulnya agak telat, Namun hal yang terpenting mengingatkan kembali kepada anak-anak didik tentang peristiwa besar seperti Isra Mi’raj.

“Kegiatan seperti ini diharapkan dapat mengubah akhlak para peserta didik kita menjadi manusia yang memiliki akhlak lebih baik ke depannya,” kata Nuraini.

Sedangkan peringatan Hari Kartini adalah untuk mengingatkan kembali bagaimana RA Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan yang pada masa pra kemerdekaan.

Ia mampu menembus tradisi sehingga perempuan Indonesia pada masanya juga bisa mengenyam pendidikan dan memiliki hak dan derajat yang sama dengan laki-laki.

“Dengan peringatan hari Kartini ini sekolah berharap para perempuan juga mampu bersaing dengan laki-laki dan jadilah wanita yang tangguh dan cerdas,” kata Nuraini.

SMA Negeri 1 Pangkalan Baru menyelenggarakan beragam kegiatan untuk menyemarakan Hari Kartini dan memperingati Isra Mi’raj.
SMA Negeri 1 Pangkalan Baru menyelenggarakan beragam kegiatan untuk menyemarakan Hari Kartini dan memperingati Isra Mi’raj. (Dok. SMAN 1 Pangkalan Baru)

Untuk memberikan tausiyah dan siraman rohani dalam acara tersebut SMA N 1 Pangkalan Baru mengundang ustaz kondang Nardi Pratomo, SE. Ustaz Nardi diharapkan mampu memberikan pencerahkan kepada para peserta didik tentang pentingnya melaksanakan sholat lima waktu dan makna dari peristiwa Isra Mi’raj itu sendiri.

Selain acara tersebut juga ada acara menyaksikan film bertemakan Paskah bagi peserta didik non muslim. Mereka diharapkan mampu menceritakan kembali isi film tersebut dan dapat mengambil makna dari peristiwa paskah tersebut.

Adapun tujuan dari kegiatan ini untuk kembali mengenang jasa pahlawan kita terdahulu, dan lebih meningkatkan lagi keimanan kita kepada Tuhan YME. (adv/mib)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved