Berita Pangkalpinang

Komisi Informasi Babel Minta Pemdes Segera Bentuk PPID Desa

Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Bangka Belitung meminta Pemdes segera membentuk PPID Desa.

Komisi Informasi Babel Minta Pemdes Segera Bentuk PPID Desa
Bangkapos.com/Ryan A Prakasa
Wakil ketua Komisi Informasi Provinsi Bangka Belitung, Ita Rosita SP saat menjadi narasumber dalam acara rakor Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat di SUN Hotel Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Berrdasarkan Undang-Undang (UU) Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 mengamanahkan bahwa Badan Publik wajib membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumenrasi atau PPID sesuai pasal 4 e yang tercantum dalam UU KIP tersebut.

"Kewajiban dari amanah UU KIP ini sudah dimulai sejak keluarnya PERPU RI Nomor 61 Tahun 2010 pada tanggal 23 Agustus 2010 tentang Pelaksanaan dari UU KIP Nomor 14 Tahun 2008," kata Ita Rosita SP, Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi (KIP) Bangka Belitung di sela kegiatan rakor Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Angkatan I & II berlangsung di Sun Hotel Kota Pangkalpinang, Sabtu (27/4/2019).

Ita Rosita yang menjadi narasumber dalam acara rakor itu, menjelaskan KIP Babel  terbentuk sejak tahun 2013.

"Artinya proses pelaksanaan KIP di Babel sudah 5 tahun berjalan dan kita tidak boleh telat merespon ini, butuh dukungan dari Pemda setempat untuk bersama-sama mewujudkan terbentuknya PPID Desa," terang Ita Rosita.

Sebaliknya, kata Ita jika hal itu tidak segera direalisasi maka desa di Babel akan tertinggal jauh dari desa di provinsi lain dalam mengimplementasikan pelaksanaan KIP di desa.

Dalam materi yang disampaiannya di depan peserta rakor PPM itu, Ita Rosita mengajak Pemerintah Desa agar segera membentuk PPID Desa.

"PPID desa dapat dibentuk oleh atasan PPID," tegasnya.

Perlunya segera dibentuk PPID Desa bertujuan untuk mengawal keterbukaan informasi khususnya di pemerintah desa. Desa di Babel yang sudah membentuk PPID yakni Desa Bakik Kabupaten Bangka Barat.

"Memasang spanduk informasi desa tentang program-program kegiatan desa termasuk menginformasikan anggaran dan penggunaannya melalui spanduk langsung dipasang di depan kantor desa seperti Desa Bakik Kabupaten Bangka Barat," kata Kades Bakik, Ahmad yang hadir pada rakor.

Begitu pula halnya di Desa Gantung, Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Bahkan pihak desa setempat telah memanfaatkan website dan blog desa untuk menginformasikan langsung informasi terkait informasi Pemdes Gantung.

"Saya melihat ini sudah sebagian direspon desa, karena itu juga butuh support dari Pemda setempat untuk mulai kita lakukan. Saya juga menghimbau langsung khususnya Pemdes yang hadir dalam pertemuan segera setelah pulang dari pertemuan rakor PPM ini dan segera menindaklanjuti SK PPID & Struktur PPID desa," kata Ita Rosita.

Ita mengatakan, jika pemdes mengalami kendala dapat mengontak atau datang langsung ke Sekretariat KIP Babel, lantai 4 kantor Gubernur Babel, Air Itam, Pangkalpinang.

Ita mengingatkan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dalam membentuk PPID desa karana PPID ini menurutnya bukan lembaga baru di desa tetapi PPID merupakan bagian dalam pemerintah desa yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/ pelayanan informasi di Badan Publik & bertanggung jawab langsung kepada atasan PPID. (Bangkapos.com/Ryan A Prakasa)

Penulis: ryan augusta
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved