Mengenal Kleptomania: Penyakit Mental yang Bikin Seseorang Rajin Curi Barang

Masih pada inget nggak sob sama sinetron religi Lorong Waktu yang biasanya tayang selama bulan Ramadan? Nah pada tahun ini, Lorong Waktu

Mengenal Kleptomania: Penyakit Mental yang Bikin Seseorang Rajin Curi Barang
springtime78
Kleptomania 

BANGKAPOS.COM - Kleptomania merupakan suatu kondisi di mana seseorang terdorong untuk mencuri.

Bagi mereka, mencuri dapat meningkatkan kepuasan dan kesenangan tersendiri.

Penderita kleptomania mencuri bukan karena ia membutuhkan barang tersebut atau untuk menghasilkan uang. Mereka hanya nggak dapat menahan hasrat untuk mengambilnya.

Sebelum melakukan tindakan tersebut, penderita akan mengalami kecemasan dan ketakutan. Namun, setelah berhasil mencuri, mereka akan merasa senang.

Seorang kleptomania memiliki dorongan yang kuat untuk mencuri. Mereka akan mencuri secara spontan tanpa melakukan perencanaan. Dorongan tersebut membuat penderita mencuri tanpa mengenal waktu dan tempat.

Biasanya, mereka akan mengambil barang-barang biasa dan seringkali nggak bernilai. Mereka nantinya akan menyimpan, membuang, memberikan kepada orang lain atau bahkan mengembalikannya kembali ke tempat semula secara diam-diam.

Berbeda dengan pelaku tindak kriminal, barang yang dicuri nggak akan digunakan untuk kepentingan pribadi.

Gangguan mental ini dapat dialami siapa saja nggak mengenal usia. Anak-anak, remaja, dan dewasa dapat jadi seorang kleptomania -- meskipun memang jarang ditemukan pada orang yang lanjut usia.

Kleptomania memang dapat terjadi pada cowok dan cewek. Namun, penderita kleptomania lebih sering terjadi pada cowok.

Mereka yang menderita kleptomania sering mengalami gangguan kejiwaan, seperti  bipolar, gangguan kecemasan, gangguan makan, gangguan kepribadian dan penyalahgunaan zat.

Untuk menyembuhkan gejala ini, konseling atau terapi psikologis mungkin cara yang paling tepat, seperti terapi mengubah perilaku individu, terapi keluarga, dan terapi perilaku kognitif.

Orang-orang penderita kleptomania umumnya akan merasa tertekan dan bersalah setelah melakukan pencurian.

Kleptomania  relatif jarang terjadi. Hanya sekitar 0,3 hingga 0,6 persen orang yang mengalami kondisi ini.

artikel ini telah tayang di https://hai.grid.id/read/071710076/kleptomania-penyakit-mental-yang-bikin-lo-rajin-curi-barang

Editor: tidakada016
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved