Pemilu 2019

Partai Demokrat Temukan Selisih Suara, KPU Babar Diminta Lakukan Pleno Ulang

DPD Partai Demokrat Propinsi Bangka Belitung mengajukan surat keberatan kepada KPU Kabupaten Bangka Barat, Senin (29/4/2019).

Partai Demokrat Temukan Selisih Suara, KPU Babar Diminta Lakukan Pleno Ulang
Bangka Pos
Ekspor Perikanan Babel Naik, Eko Wijaya Harap Nelayan Lebih Sejahtera 

BANGKAPOS.COM-- DPD Partai Demokrat Propinsi Bangka Belitung mengajukan surat keberatan kepada KPU Kabupaten Bangka Barat, Senin (29/4/2019).

Dari hasil temuan DPD Partai Demokrat, ternyata ada beberapa kecamatan yang terjadi selisih suara antara bukti C1 dengan perhitungan di Rapat Pleno tingkat PPK.

Ketua DPD Partai Demokrat Eko Wijaya kepada bangkapos.com, mengakui bila telah mengajukan surat keberatan kepada KPU Bangka Barat. Surat keberatan tersebut ditembuskan kepada DPP Partai Demokrat, DPC Partai Demokrat Bangka Barat, KPU Propinsi Bangka Belitung, Bawaslu Propinsi Bangka Belitung dan Bawaslu Bangka Barat.

“Temuan kita terjadi selisih antara C1 dengan hasil rapat pleno tingkat PPK ada di Kecamatan Tempilang, Kecamatan Kelapa dan Kecamatan Muntok. Makanya kita minta dilakukan pleno ulang,” kata Eko Wijaya.

Terjadinya selisih ini kata Eko Wijaya sangat merugikan suara dari Partai Demokrat. KPU selaku penyelenggara pemilu harusnya dapat menjamin suara rakyat mempercayakan kepada partai demokrat.

Lanjut Eko Wijaya, temuan di tiga kecamatan ini tentunya harus diperiksa kembali. Bahkan tak tertutup kemungkinan terjadi juga di kecamatan-kecamatan yang lainnya.

“Kita kan baru temukan kejanggalan selisih suara di tiga kecamatan saja. Tidak tertutup kemungkinan terjadi juga di kecamatan lain. Kesalahan ini mungkin saja tidak disengaja maupun disengaja. Ini kita lakukan demi keadilan dan transparansi dalam berdemokrasi,” tandas Eko Wijaya.

Sementara itu Ketua KPU Bangka Barat, Pardi saat dikonfirmasi mengatakan terkait adanya surat keberatan dari Partai Demokrat tersebut hingga saat ini belum dilakukan pembahasan di internal KPU Bangka Barat.

“Belum kita bahas. Besoklah dibahas dalam rapat pleno,” kata Pardi.

KPU Bangka Barat berencana akan menggelar rapat pleno tingkat Kabupaten mulai, Selasa (30/4/2019). Pleno tingkat kabupaten ini digelar setelah rapat pleno ditingkat kabupaten selesai dan logistik pemilu sudah dikirim kembali ke KPU Bangka Barat(Bangkapos.com/Hendra)

Penulis: Hendra
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved