Berita Pangkalpinang

Sekda : Jangan Anggap Negatif Pengaduan Masyarakat

Yan Megawandi berharap jangan menganggap pengaduan masyarakat adalah hal yang negatif,

Sekda : Jangan Anggap Negatif Pengaduan Masyarakat
Bangkapos.com/Krisyanidayati
Sekda Babel Yan Megawandi 

BANGKAPOS.COM-- Sekretaris daerah Provinsi Bangka Belitung. Yan Megawandi berharap jangan menganggap pengaduan masyarakat adalah hal yang negatif, justru pengaduan dari masyarakat adalah tolak ukur dari apa yang sudah pemerintah lakukan, belum sepenuhnya belum sesuai dengan harapan, dan kebutuhan masyarakat.

Yan menyampaikan langsung hal tersebut pada saat memberikan kata sambutan di kegiatana workshop yang diadakan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Bangka Belitung dengan tema Akselerasi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, Pada hari Senin (29/04/2019).

Ia pun mencontohkan beberapa kasus di daerah, termasuk di daerah Babel yang mana pemerintahnya sudah menyediakan kelembagaan dan sistem untuk menerima dan mengatur pengaduan masyarakatnya.

Namun faktanya, pengaduan masyarakat yang masuk ke lembaga tersebut sangat minim. Sehingga timbul pertanyaan, apakah memang tidak ada lagi keluhan, atau yang lebih mengkhawatirkan jika masyarakat sudah apatis.

"Kalau masyarakat sudah apatis, ini sangat berbahaya bagi pemerintah." ujar Yan, Senin (29/4) saat memberikan kata sambutan.

Sehingga yang berharap jika kanal-kanal pengaduan masyarakat harus dibuka lebar, agar dapat mengundang partisipasi masyarakat. Untuk menghindari sikap apatis dari masyarakat.

Yan menambahkan jika sudah ada kelembagaan dan masyarakat yang ingin mengadu, namun belum disosialisasikan, sehingga masyarakat tidak paham harus menyampaikan pengaduan ke mana.

Dirinya meyakini jika tidak mungkin tidak ada keluhan dari masyarakat tentang jalannya suatu pemerintahan, tinggal level pengaduannya saja yang beragam, ada yang rendah, sedang, dan tinggi.

Yang pun juga mengimbau kepada pemerintahan, jika mendapatkan keluhan dari masyarakat agar bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi. Dan mencari tahu apa yang seharusnya diubah berdasarkan pengaduan tersebut.

(Bangkapos/Muhammad Rizki/R1)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved