VIDEO : Disperindak dan Tim Sidak di 12 Pasar Ritail Modern Pangkalpinang

Riza menambahkan, dalam inspeksi kali ini ia mengapresiasi dikarenakan pasar retail modern sudah banyak tahu apa saja hak yang wajib diberikan ...

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bangka Belitung dan Tim Reaksi Cepat yang terdiri dari Polda, Sat Pol PP,  Satgas Pangan, Dinas Pangan, Dinas Kesehatan, dan Balai Karantina mengadakan Inspeksi Mendadak (Sidak) di 12 pasar retail modern di kota Pangkalpinang, pada hari Senin (29/04/2019).

Kepala Bidang Perlindungan Konsumen dan Kemetrologian Disperindag Provinsi Bangka Belitung, Riza Aryani mengatakan jika, pengawasan yang dilakukan disperindag kali ini menyangkut tata cara penjualan, promosi, barang kadaluarsa.

Sesampainya di satu diantara pasar retail modern, Disperindag beserta jajarannya langsung melakukan inspeksi Seperti mengecek harga, penulisan harga yang tidak tepat, dan juga mengecek tanggal kadaluarsa parcel. Dan pihak disperindag dalam sidak kali ini menemukan beberapa label harga yang salah dalam penulisan, dan barang yang sudah berjamur dikarenakan kemasan yang bocor.

Riza menambahkan, dalam inspeksi kali ini ia mengapresiasi dikarenakan pasar retail modern sudah banyak tahu apa saja hak yang wajib diberikan kepada konsumen, ia memberika contoh seperti harga gula yang sudah diatur oleh Disperindag dengan harga eceran tertinggi Rp 12.500,- hampir semua pasar retail modern sudah mengikuti.

"Hanya saja ada satu pasar retail yang saya temui, belum mengikuti ketentuan harga. Namun pihak pasar retail tersebut sudah kita imbau untuk mengikuti ketentuan harga yang berlaku." Ujar Riza, Senin (29/4) dilokasi sidak.

Ia juga mengimbau kepada pihak pasar retai modern untuk lebih meningkatkan pengawasan, dikarenakan sekarang sudah mendekati bulan Ramadhan dan Idul Fitri, sehingga masyarakat yang berbondong-bondong datang tidak semuanya memeriksa masa kadaluarsa, dan harga.

Dengan hadirnya pemerintah yang menjamin ketersediaan barang dan didukung oleh para pelaku usaha yang tertib dalam melakukan tata cara penjualan, diharapkan dapat meminimalisir adanya kecurangan-kecurangan para pelaku usaha.

Sidak serupa rencananya akan terus dilakukan oleh Disperindag bersama Tim Satgas Pangan, dan Tim Jejaring Pangan. Riza menambahkan jika Disperindag bersama jajarannya pada saat berbelanja untuk keperluan pribadi pun juga sekaligus melakukan pengawasan. Dan memasuki bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri sidak serupa akan lebih intensif dilakukan. (Bangkapos/Muhammad Rizki/R1)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved