Berita Pangkalpinang

Isu Prostitusi Masuk dalam Pembahasan Peraturan Daerah

Kami merasa pemerintah kota dalam hal ini OPD bersikap tidak seimbang dalam hal memberikan respon terkait pernikahan dini dan prostitusi

Isu Prostitusi Masuk dalam Pembahasan Peraturan Daerah
Bangkapos/irakuriati
Wakil ketua Pansus 12 DPRD kota Pangkalpinang, Rio Setiady 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Wakil ketua Pansus 12 DPRD kota Pangkalpinang, Rio Setiady, membahas raperda inisiatif perlindungan anak, menyampaikan isu prostitusi dikalangan pelajar dan pernikahan dini menjadi pembahasan hangat di internal pansus.

"Kami merasa pemerintah kota dalam hal ini OPD bersikap tidak seimbang dalam hal memberikan respon terkait pernikahan dini dan prostitusi di kalangan remaja." ujar Rio, Selasa (30/4/2019)

Menurutnya, pemerintah kota begitu gencar mengkampanyekan tolak pernikahan dini, sementara maraknya kasus prostitusi tidak mendapat perhatian yang sama. Padahal, menurutnya, prostitusi jelas tindakan tercela, sementara pernikahan merupakan ikatan sah dan halal dalam agama dan keyakinan masyarakat.

"Maka kita mendorong pemerintah daerah dapat proporsional menyikapi hal tersebut. Jangan sampe kita semangat menutup yang halal dan legal dengan membiarkan yang ilegal. Kami tidak mau seperti itu. Kita harus membuka mata, pergaulan bebas, prostitusi, LGBT di kalangan remaja hari ini tidak dapat dianggap remeh. Harus ada gerakan bersama dengan pemangku kebijakan yang lainnya." kata dia.

Rio menyebut, edukasi hanya kepada para remaja dan pelajar jelas tidak cukup, orang tua dan wali murid pun harus dilibatkan dalam pembinaan para remaja. Untuk itu pihaknya di DPRD akan membuat regulasi agar bisa berdaya guna dan kongkrit bagi pembinaan remaja.

Organisasi nirlaba seperti komunitas, remaja masjid, OKP akan dilibatkan untuk bersama sama meminimalisir dampak prostitusi di kalangan remaja. Perda ini diharap dapat menjadi solusi bagi tingginya angka prostitusi dan menekan angka pernikahan dini.

(Bangkapos/irakurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved