PENELITIAN : Remaja Lakukan Seks Bebas Lebih Rentan Bunuh Diri, Hindari!

Isu perilaku sex bebas di kalangan remaja sudah ada sejak bertahun-tahun lalu – paling nggak begitu kata survei.

PENELITIAN : Remaja Lakukan Seks Bebas Lebih Rentan Bunuh Diri, Hindari!
net
depresi 

BANGKAPOS.COM - Isu perilaku sex bebas di kalangan remaja sudah ada sejak bertahun-tahun lalu – paling nggak begitu kata survei.

Risiko dari sex bebas cukup banyak. Sex bebas bisa menyebabkan remaja mudah tertular penyakit kelamin dan hamil di luar nikah.

Selain itu, sex bebas dapat membuat seseorang tertekan, bahkan meracuni pikiran seseorang untuk bunuh diri, demikian hasil sebuah studi terbaru dari Ohio State University.

Penelitian yang mewawancarai sekitar 10 ribu orang ini menemukan, remaja yang mengalami gejala depresi lebih mungkin terlibat dalam sex bebas.

Mereka juga lebih mungkin berpikir secara serius untuk bunuh diri di kemudian hari.

"Beberapa studi telah menemukan hubungan antara buruknya kesehatan mental dengan sex bebas. Tapi sifat dari hubungan ini belum jelas. Selalu ada pertanyaan tentang mana yang jadi penyebab dan mana yang jadi efeknya," ungkap Dr Sara Sandberg-Thoma, dari Ohio State University.

"Studi ini bukan hanya memberi bukti bahwa kesehatan mental yang buruk dapat menyebabkan seseorang melakukan sex bebas, tetapi juga menunjukkan bahwa sex bebas menyebabkan kesehatan mental menurun."

Penelitian ini mewawancarai responden yang depresi dan pikiran untuk bunuh diri.

Sebanyak 29% (terdiri dari 33% pria dan 24% wanita) dari responden mengatakan, mereka punya pengalaman sex bebas dengan kekasihnya.

Hubungan antara sex dan kesehatan mental ditemukan sama untuk pria dan wanita menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sex Research ini.

"Hasil ini nggak terduga karena masih ada standar ganda tetang sex di masyarakat yaitu, pria nggak masalah melakukan sex bebas, sedangkan sex bebas cukup membawa masalah bagi wanita," kata Dr Claire Kamp Dush, profesor human sciences di Ohio State University.

"Dan hasil studi ini menunjukkan bahwa kesehatan mental yang buruk, entah pada pria atau waita, berkaitan dengan sex bebas."

Para peneliti menemukan, setiap hubungan pacaran yang di dalamnya dilakukan sex bebas meningkatkan keinginan untuk bunuh diri sebesar 18%.

Namun mereka juga menemukan bahwa meskipun sex bebas dikaitkan dengan pikiran untuk bunuh diri, itu nggak memiliki efek pada gejala depresi.

Artikel ini telah tayang di https://hai.grid.id/read/071710733/menurut-survei-sex-bebas-bikin-remaja-lebih-rentan-buat-bunuh-diri

Editor: ediyusmanto
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved