Berita Bangka Tengah

Atasi Tingginya Harga Bahan Pangan, Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah Bentuk KWT

Mengantisipasi tingginya harga beberapa bahan pangan termasuk daging ayam, dinas pangan membentuk kelompok wanita tani (KWT).

Atasi Tingginya Harga Bahan Pangan, Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah Bentuk KWT
Bangka Pos/Jhoni Kurniawan
Panen Cabai di Lahan Pekarangan Warga di Desa Perlang, Bangka Tengah 

BANGKAPOS.COM -- Mengantisipasi permintaan masyarakat yang meningkat dan tingginya harga beberapa bahan pangan termasuk daging ayam, dinas pangan membentuk kelompok wanita tani (KWT).

Kepala Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah, Sajidin menyebutkan dibentuknya KWT adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanam kebutuhan dapur seperti cabai, sayuran hingga ayam. Rabu, (1/5/2019).

Lebih lanjut Sajidin menyampaikan KWT yang dilakukan oleh Dinas Pangan Bangka Tengah fokus pada beberapa program yaitu pemanfaatan lahan pekarangan rumah warga, penyiapan bibit kebun desa dan demontration plot (demplot) atau yang sering disebut lahan percontohan.

Pemanfaatan lahan pertanian menurut Sajidin adalah program yang paling simple dan mudah karena hanya menggunakan lahan pekarangan warga yang kosong dan bisa ditanami dengan berbagai tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

"Daripada lahan rumah kosong kan mending digunakan untuk tanaman yang hasilnya bisa digunakan sehari-hari seperti cabai, sayuran, terung dan lain sebagainya", ujar Sajidin.

Ketika kebutuhan itu bisa terpenuhi, Sajidin menyebutkan pasti ibu tumah tangga yang telah tergabung dalam KWT tidak perlu ke pasar hanya untuk membeli cabai ataupun sayuran karena telah ada di lahan KWT.

Program ini juga menurut Sajidin sangat membantu masyrakat yang mengeluh tingginya harga komoditi di pasar.

(Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved