Berita Pangkalpinang

Babel Boyong Tiga Emas dari Kejurnas Atletik Antar PPLPD dan SKO di Bangka Tengah

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil memboyong total tiga emas selama gelaran Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik

Babel Boyong Tiga Emas dari Kejurnas Atletik Antar PPLPD dan SKO di Bangka Tengah
(BANGKA POS / Diskepora Babel)
Kadiskepora Babel Suharto saat prosesi pengalungan medali kepada Ahmad Hambali Syukur, atlet atletik PPLP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berhasil mempersembahkan medali emas bagi Babel pada ajang Kejurnas Atletik antar PPLP/PPLD dan SKO di Bangka Tengah, 27 April-2 Mei 2019. Dia menyabet emas perdana Babel itu lewat lompat jauh putra dengan lompatan sejauh 7,44 meter, Senin (29/4/2019). 

BANGKAPOS.COM - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil memboyong total tiga emas selama gelaran Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik antar-PPLP/D dan SKO di Bangka Tengah, 27 April-2 Mei 2019.

Dua emas Babel disumbangkan oleh Ahmad Hambali Syukur dari PPLP Babel masing-masing dari nomor lompat jauh putra dan lompat jangkit putra. Lalu, satu emas lainnya disumbangkan oleh Wandi Agustian dari SKO Babel lewat nomor 2000 meter steeplechase putra.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora) Babel Suharto mengaku bangga dengan raihan ini.
Apalagi dari ajang ini, nama atlet PPLP Babel, Ahmad Hambali kembali meroket di dunia atletik Indonesia. Suharto bilang, Ahmad Hambali adalah atlet Babel potensial untuk kancah nasional.

"Alhamdulillah berjalan lancar dan aman. Dan satu atlet Babel, Ahmad Hambali itu terpilih menjadi atlet Indonesia yang akan dikirimkan ke Asean School Games nantin Dia nanti akan ke Semarang. Dia memang calon atlet Babel untuk nasional. Masih muda, SMA kelas dua, dan digandeng dengan senior pun dia bisa bersaing," kata Suharto, Kamis (2/5/2019).

Suharto mengatakan, meskipun di tingkat pelajar, atlet Babel bisa bersaing pada kejuaraan ini. Sekalipun dengan atlet senior. Raihan tiga emas ini juga diketahui melampaui target Babel pada Kejurnas Atletik kali ini.

Pihaknya berterima kasih Babel, khususnya Bangka Tengah telah dipercaya menjadi tuan rumah.

"Kami mengucapkan terima kasih juga kepada Pak Bupati Bangka Tengah. Si Ahmad Hambali ini juga sudah lulus untuk ke PON. Harapan kami, Babel lewat cabor atletik ini bisa menyumbangkan emas di PON," kata Suharto.

Sekitar 420 atlet dari 30 provinsi ambil bagian pada kejurnas yang berlangsung di lintasan atletik Stadion Utama Koba, di Bangka Tengah, 27 April-2 Mei 2019 ini. Ada 19 nomor dipertandingkan di lintasan atletik Stadion Utama Koba, Bangka Tengah.

Gelaran ini memperebutkan total medali 38 medali (putra dan putri) dari 19 nomor atletik (putra-putri) yang dipertandingkan. Sebanyak 179 panitia, wasit serta petugas guna menyukseskan agenda nasional ini.

Berdassrkan rekapitulasi akhir, perolehan medali Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar (PPLP) Kepulauan Bangka Belitung bertengger di peringkat 9 dari 46 PPLP/PPLP-D dan SKO yang berlaga pada kejuaraan ini. PPLP Babel berhasil mengoleksi dua emas dan satu perak.

Sementara SKO Babel berada di peringkat 19 setelah berhasil mengoleksi satu emas, PPPL-D Babel di peringkat 22 setelah mengoleksi satu perak dan tiga perunggu, dan PPLP D Bangka Selatan di peringkat 24 setelah berhasil menyabet satu perak.

Adapun peringkat satu hingga ketiga rekapitulasi akhir perolehan medali, secara berturut-turut adalah PPLP Jawa Tengah (6 emas, 1 perak, 2 perunggu), PPLP DKI Jakarta (4 emas, 4 perak, 5 perunggu), PPLP Jawa Timur (4 emas, 1 perak, 5 perunggu).

"Ini adalah ajang seleksi untuk Pra PON, yang pelaksanaannya di Papua pada 2020 mendatang, juta menyukseskan program sport tourism yang dicanangkan Pemprov Babel," kata Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Babel Suharto

(Bangka Pos / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved