Pemilu 2019

Beberapa Saksi Protes Saat Rapat Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara yang Digelar KPU Pangkalpinang

Rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara di tingkat Kota Pangkalpinang yang diselenggarakan KPU Kota Pangkalpinang berjalan lancar

Beberapa Saksi Protes Saat Rapat Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara yang Digelar KPU Pangkalpinang
Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Bawaslu Kota Pangkalpinang saat memberikan masukan kepada saksi dan KPU Kota Pangkalpinang, Kamis (2/5/2019). 

BANGKAPOS.COM-- Rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara di tingkat Kota Pangkalpinang yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang berjalan lancar dan kondusif.

Pada kesempatan itu Komisioner Divisi Perencananaan dan Data Informasi KPU Kota Pangkalpinang Yusmayadi memberikan kesempatan saksi untuk menyampaikan saran dan masukan.

"Kita lanjutkan berita acara untuk model DA1 untuk Kecamatan Bukit Intan dan 7 Kelurahan dibacakan oleh ketua PPK tadi. Kemudian kita memberikan kesempatan kepada saksi yang hadir lalu Bawaslu Kota Pangkalpinang untuk menyampaikan saran dan masukan, setelah itu selesai kita sahkan lalu kita lanjutkan pembacaan DA1 Kecamatan Girimaya lalu Pangkalbalam,"  jelas Yusmayadi kepada bangkapos.com saat ditemui usai acara.

Beberapa saksi menyampaikan protes, namun menurutnya, KPU Kota Pangkalpinang dapat menjelaskan ketidaksesuaian antara saksi dan KPU Kota Pangkalpinang.

"Kemudian dalam proses pembacaan DA ada beberapa tanggapan atau saran dari saksi maupun bawaslu. Salah satunya ketika ada persoalan di Kecamatan Bukit Intan ada suara di calon Partai Nasdem yang tidak terinput ketika di model DA1 tapi di formulir DAA1-nya yang per TPS sudah masuk. Secara keseluruhan suaranya tidak berpengaruh karena langsung kita lakukan perbaikan dengan mengubah angka di DA1, memperbaiki DA1 kemudian di plano dan disaksikan oleh bawaslu dan saksi yang hadir," ungkap Yusmayadi.

Diakuinya tidak hanya dari Kecamatan Bukit Intan saja yang terdapat protes dari saksi, tetapi dari Kecamatan Pangkalbalam juga memiliki masalah yang hampir serupa.

"Begitu juga di Kecamatan Pangkalbalam, tadi ada salah penempatan jumlah suara untuk calon yang mana secara keseluruhan parpol tersebut suara tidak pengaruh. Individunya ini berubah lalu kita buka DA1 planonya kita rubah perbaiki di paraf PPK dan disaksikan saksi yang hadir dan Bawaslu," kata Yusmayadi. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved