Berita Sungailiat

Bupati Bangka Mulkan Bawa Dulang Sendiri ke Acara Adat Nganggung Sepintu Sedulang

Mulkan mengatakan Tradisi nganggung ini menggambarkan bahwa masyarakat di Kabupaten Bangka mengedepankan gotong royong

Bupati Bangka Mulkan Bawa Dulang Sendiri ke Acara Adat Nganggung Sepintu Sedulang
Bangka Pos/Riki
Bupati Kabupaten Bangka Mulkan membawa sendiri dulang dalam acara Tradisi adat Nganggung Sepintu Sedulang yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka, pada Kamis (2/5/2019) di Gedung Sepintu Sedulang. 

BANGKAPOS.COM -- Bupati Kabupaten Bangka Mulkan membawa sendiri dulang dalam acara Tradisidat Nganggung Sepintu Sedulang yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka, pada Kamis (2/5/2019) di Gedung Sepintu Sedulang.

Ia bersama Wakilnya Syahbudin dan ribuan dulang lainya, berjalan dari rumah Dinas Bupati Bangka, menuju Gedung Sepintu Sedulang untuk melaksanakan Nganggung atau makan bersama masyarakat.

Sesampainya di halaman gedung, seluruh elemen baik pegawai, masyarakat dan unsur lainya terlihat ramai duduk di hadapan dulang yang telah disiapkan sebelumnya. Sambil menunggu doa tanda dimulainya Nganggung masyarakat ramai bercengkrama bersenda gurau menunggunya.

Mulkan mengatakan Tradisi nganggung ini menggambarkan bahwa masyarakat di Kabupaten Bangka mengedepankan gotong royong, ada unsur kebersamaan didalamnya dan tidak membedakan antara etnis satu denga etnis lainnya, semua masyarkat Kabupaten Bangka terlibat disini.

 "Ini termasuk pelestarian Kebudayaan daerah, yang dilakukan oleh Pemerintah, yang sangat serius dalam proses pengaplikasinya, karena sebanyak 2000 dulang yanh disediakan pada acara ini,"ujar Mulkan.

Ia mengharapkan, kegiatan seperti ini  terus dilestarikan karena menyangkut Kebudayaan Daerah.

"Kepada masyarakat di Kabupaten Bangka khususnya lagi kepada generasi muda agar dapat menjaga sekaligus melestarikan Kebudayaan Nganggung ini,"harapnya.

Senada Wakil Bupati Bangka, Syahbudin  menjelaskan kegiatan Nganggung Sepintu Sedulang merupakan bentuk implementasi nyata Pemkab Bangka dalam mewujukan serta menanamkan rasa toleransi masyarakat Kabupaten Bangka.

"Dalam acara ini kita bersama sama, membawa dulang, dan  duduk bersama, makan bersama dan bersyukur bersama ini melambangkan rasa toleransi yang tinggi bahwa masyarakat Kabupaten Bangka memiliki itu,"ungkapnya.

(Bangka Pos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved