Berita Pangkalpinang

Jebolan SMK Masih Nganggur, Citra Ungkap Sulitnya Informasi hingga Minimnya Lowongan Kerja

Citra pernah berkebun dan bekerja di tambang TI, dan saat ini dirinya mencoba untuk merantau ke luar kota dan menjadi seorang freelancer

Jebolan SMK Masih Nganggur, Citra Ungkap Sulitnya Informasi hingga Minimnya Lowongan Kerja
Bangkapos/agus nuryadhyn
Ilustrasi Pelajar tingkat SMK se Babel mengikuti kegiatan LKS yang digelar CV Sumber Jadi Main Dealer Yamaha Bangka. Kegiatan diikuti 11 peserta, mengikuti teori dan praktik LKS. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sulitnya mencari pekerjaan nampaknya tidak hanya dialami oleh para lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang notabene dari sejak sekolah sudah dipersiapkan untuk bekerja pun mengalami kesulitan untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan skill yang ia miliki.

Hal ini dialami oleh Citra, saat dihubungi via telepon lelaki lulusan SMKN 1 Parit Tiga ini mengaku mengalami kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan skill yang ia miliki.

Citra lulus dari SMKN 1 Parit Tiga pada tahun 2012, yang berarti sudah hampir tujuh tahun ia belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan skillnya.

Ia mengaku kurangnya informasi yang ia dapatkan menjadi satu diantara faktor sulitnya ia mendapatkan pekerjaan. Dan dari lulus sampai sekarang sudah banyak pekerjaan yang ia kerjakan namun masih tidak sesuai dengan jurusannya pada saat di SMK.

Citra pernah berkebun dan bekerja di tambang TI, dan saat ini dirinya mencoba untuk merantau ke luar kota dan menjadi seorang freelancer di sebuah toko elektronik di pulau Jawa.

Namun ia mengaku jika dalam waktu dekat akan kembali pulang ke Bangka Belitung untuk mencoba peruntungan di tanah kelahiran.

Ia juga mengatakan jika pemerintah masih sangat sedikit membuka lapangan pekerjaan untuk lulusan SMK, sehingga slogan SMK siap kerja itu sangat berbanding terbalik.

(Bangkapos/Muhammad Rizki/R1)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved