Advertorial

Berbagai Kegiatan Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan

MEMPERINGATI Hardiknas tepatnya tanggal 2 Mei 2019, berbagai ke­giatan dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebuda­yaan Kota Pangkal Pinang

Berbagai Kegiatan Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan
Istimewa
MEMPERINGATI Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 tepatnya tanggal 2 Mei 2019, berbagai ke­giatan dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebuda­yaan Kota Pangkalpinang. Diantaranya melakukan launching Rumah Belajar dan Karya Perdana Penulis Bangka Belitung. 

MEMPERINGATI Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 tepatnya tanggal 2 Mei 2019, berbagai ke­giatan dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebuda­yaan Kota Pangkalpinang. Diantaranya melakukan launching Rumah Belajar dan Karya Perdana Penulis Bangka Belitung.

Rumah Belajar adalah suatu aplikasi yang dimiliki Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Teknologi Komunikasi. Konten Rumah Belajar ini terdiri banyak macamnya. Ingin mengetahui lebih ba­nyak tentang Rumah Belajar ini dapat mengklik belajar.kemdikbud.go.id. Berbagai fitur dapat diikuti oleh guru, peserta didik, praktisi pendidikan, orangtua siswa, kepala sekolah semua­nya dapat bereksprimen di Rumah Belajar ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pang­kalpinang Dr Hj Eti Fahriaty, S.Pd.I, M.Pd. sudah merencanakan jauh-jauh hari untuk mengenalkan program ini kepada semua sekolah di Pang­kalpinang khususnya dan Bangka Belitung umumnya.

Beliau ingin mendukung pendidikan di Kota Pangkalpi­nang yang menjadi etalase di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini. Satu diantaranya dengan melaunching Rumah Belajar ini terlebih dahulu. Ada sebanyak 700 peserta yang hadir dalam kegiatan ini seperti ketua komite setiap sekolah, kepala sekolah, guru kelas yang menguasai IT, ketua OSIS, guru PKn, PAI dan undangan lainnya.

Rumah Belajar yang dilaunching oleh Wakil Wali Kota Pangkalpinang, M Sopian ditandai menekan tombol enter di keyboard komputer ini disambut meriah oleh hadirin.

Selesai melaunching Rumah Belajar, dilanjutkan dengan melaunching karya perdana guru-guru, siswa, pengawas alumni pelatihan Sagusabu angkatan ke-3 yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Pemkot beberapa waktu yang lalu.

Para guru, siswa yang berjumlah 42 orang berhasil menulis buku perdananya. Dengan bangga mereka naik ke panggung sambil membawa bingkai sampul buku mereka yang disetting sedemikian rupa untuk memberi penghargaan kepada para penulis buku perdana ini. Buku para penulis perdana ini dilaunching oleh Ketua DPRD Kota Pang­kalpinang, Ahmad Subari.

Hadir pula dalam ke­sempatan ini Kepala Bidang Pengembangan Teknologi Pembelajaran Berbasis Multimedia dan Web dari Pustekkom Kemdikbud, Drs Gatot Pramono, M.PET.

Beliau menyampaikan bahwa Kota Pangkalpinang adalah kota pertama yang melaunching Rumah Belajar ini. Jangan sampai ini hanya sebagai seremonial saja, harus ditindaklanjuti dengan selalu mensosialisasikan kepada warga sekolah untuk bereksprimen dengan fitur-fitur yang ada di Program RB ini.

Dalam kesempatan ini, Gatot memberikan pancingan kepada satu sekolah dasar dan satu sekolah menengah pertama sebuah komputer dengan aplikasi Rumah Belajar yang diterima oleh SD Negeri 32 dan SMP Negeri 9 Pangkalpinang yang merupakan penggerak kegiatan Rumah Belajar ini.

Disamping kegiatan launching tersebut, MKKS SMP/MTs se-Kota Pangkalpinang juga ikut memeriahkan Hardiknas dengan menggelar Lomba Roket Air untuk para siswa SMP/MTs se- Kota Pang­kalpinang yang berlangsung tanggal 1 Mei 2019 di Lapangan Bola Depati Amir. Dalam perlombaan tersebut yang berhasil menjadi juara dari 31 tim peserta lomba adalah sebagai juara I SMP Negeri 9, Juara 2 SMP Ne­geri 1, juara 3 SMP Negeri 4, Harapan 1 SMP Negeri 7 dan Harapan 2 SMP Negei 9 Pangkalpinang.

Rangkaian kegiatan Hardiknas 2019 ini puncaknya 2 Mei 2019 di halaman Kantor Pemerintah Kota Pangkalpinang dengan upacara yang diikuti oleh semua perwakilan Lembaga Paud, SD, SMP, SMA dan OPD Kota Pangkalpinang dengan sajian pertama tari kolosal persembahan dari SMP Negei 1, 2 dan 5 Pangkalpi­nang yang mampu memukau hadirin walaupun dihiasi hujan gerimis dan mendung.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Pangkalpi­nang tiada henti menguatkan pendidikan memajukan kebudayaan.

Dengan mengenalkan Program Rumah Belajar kepada para perwakilan komite sekolah-sekolah, maka mereka dapat mensosialisasikan kepada para orangtua siswa yang lainnya.

Khusus di bulan suci Ramadan ini nanti, Dikbud Pangkalpinang mengimbau semua sekolah di Pangkalpinang agar memberi tugas pada siswa masing-masing sekolahnya dengan mengerjakan fitur soal-soal khusus PKn dan PAI selama libur puasa. Hal ini untuk mengurangi perhatian para siswa kepada kontens yang kurang membina karakter positif. Jadi, waktu kosong mereka dapat menggunakan gadget namun tetap sambil belajar sehingga harapan kita mereka menjadi insan yang cerdas secara akademik dan spiritualnya juga unggul. (adv/may)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved