Bukannya Malah Menyehatkan, Minum Air Putih Terlalu Banyak Ternyata Sebabkan Kerusakan Otak

Mengonsumsi segala sesuatu secara berlebihan emang nggak baik, termasuk air putih yang ternyata bisa menyebabkan manusia mengalami kerusakan otak

Bukannya Malah Menyehatkan, Minum Air Putih Terlalu Banyak Ternyata Sebabkan Kerusakan Otak
Pixabay / GSquare
Ilustrasi minum kenyang 

BANGKAPOS.COM - Mengonsumsi segala sesuatu secara berlebihan emang nggak baik, termasuk air putih yang ternyata bisa menyebabkan manusia mengalami kerusakan otak hingga kematian apabila diminum melebihi batas yang disarankan.

Lho, bukannya banyak minum air putih itu baik bagi kesehatan? Jadi gini sob, seperti yang dilansir HAI dari Business Insider, minum air putih terlalu banyak daripada kapasitas yang bisa diproses ginjal bisa membuat kadar natrium dalam darah nggak seimbang.

Fyi aja, ginjal manusia hanya dapat memproses 800 hingga 1.000 mililiter air tiap jam, jadi kalau bisa minum lebih dari batas tersebut tanpa muntah, akan ada sejumlah bahaya yang mengintai tubuh dan otak.

Bahkan dalam beberapa kasus yang ekstrem, terlalu banyak mengonsumsi air nantinya akan berdampak pada kerusakan otak, koma, bahkan sampai meninggal dunia.

Temuan ini sama seperti laporan di Journal of Clinical Pathology tahun 2003, yang menunjukkan bahwa seorang wanita berusia 64 tahun meninggal pada malam setelah dirinya meminum 30-40 gelas air.

Para peneliti sendiri menyimpulkan penyebab kematian dari wanita tua itu adalah hiponatremia yang merupakan akibat dari keracunan air.

Dampak Terhadap Sel Tubuh

Dalam keadaan normal, sel tubuh dikelilingi dengan larutan dari natrium dan air dengan kadar seimbang yang nantinya akan mengalir masuk dan keluar melalui lubang kecil di membran sel.

 Ketika kita minum terlalu banyak air, konsentrasi larutan ini nantinya akan menjadi nggak seimbang (dilusi) yang menyebabkan kelebihan air memasuki sel hingga akhirnya membuat sel-sel tersebut mengalami pembengkakan.

Dampak Terhadap Otak

 Sama seperti pada sel tubuh, jumlah air yang berlebihan ini nantinya juga akan membuat sel otak menjadi bengkak, cuma bedanya tengkorak manusia nggak bisa melar.

Terus apa yang bakal terjadi setelahnya? Kita akan merasakan pusing, kebingungan, atau pun mengantuk karena pembengkakan yang terjadi di sel otak tersebut memberikan tekanan kepada kepala.

Parahnya lagi, jika hal tersebut nggak segera ditangani dan tekanan meningkat, muncul resiko kerusakan otak, koma, bahkan kematian yang bisa terjadi dalam waktu kurang dari 10 jam aja


Kebutuhan cairan orang dewasa dalam keadaan sehat rata-rata adalah 3-4 liter sehari, itu pun bukan cuma kebutuhan air minum aja, melainkan jumlah total yang dibutuhkan oleh tubuh (bisa didapatkan dari makanan).

Wah serem juga ya sob, maka dari itu mulai sekarang nggak boleh terlalu berlebihan kalo minum air tapi jangan terlalu sedikit soalnya bisa bikin dehidrasi, sedang-sedang aja lah pokoknya. (*)

artikel ini telah tayang di https://hai.grid.id/read/071713815/minum-air-putih-terlalu-banyak-sebabkan-kerusakan-otak

Editor: tidakada016
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved