Berita Pangkalpinang

Dinas Kehutanan Babel Hijaunkan 10 Hektar Lahan Bekas Tambang di Kawasan Bandara Depati Amir

Ia juga meminta, agar kedepannya lahan ini harus steril dari penambangan ilegal dan meminta Sat Pol PP untuk menjaga kawasan ini.

Dinas Kehutanan Babel Hijaunkan 10 Hektar Lahan Bekas Tambang di Kawasan Bandara Depati Amir
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Penanaman pohon di kawasan Bandara Depati Amir, Jum'at (3/5/2019). 

BANGKAPOS.COM  - Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengalakkan penghijauan lahan di kawasan eks tambang dalam Gerakan Reklamasi Nasional di lahan bekas tambang di Kawasan Bandara Depati Amir Jalan Pulau Pelepas, Jum'at (3/5/2019).

Kepala Dinas Kehutanan Babel, Marwan menyebutkan lahan bekas tambang yang akan dihijaukan di sekitar kawasan Bandara Depati Amir seluas 10 hektar.

Marwan menjelaskan, penghijauan dan menggalakkan penanaman di kawasan ini merupakan instruksi Gubernur, pasalnya kerap menerima aduan pemandangan yang tidak mengenakan saat turun dari pesawat yang terdiri dari lobang-lobang bekas tambang.

"Oleh karena itu pak Gubernur minta menghijaukan daerah di sekitar Depati Amir. Hari ini mulai buat gerakan bekerjasama dengan PT Timah,  BP DAS. Aset ini milik pemprov Babel ada 10 hektar selama 1 tahun kan melakukan penghijauan dikawasan ini," kata Marwan dalam sambutannya.

Marwan menyebutkan, setiap dua minggu sekali akan digelar acara penanaman dan perawatan tanaman yang telah ditanam di kawasan ini.

"Setiap 2 minggu sekali kita akan menanam, bekerjasama dengan masyarakat, komunitas lingkungan, pramuka kita akan tanam dengan tanaman keras. Nanti yang belum ditanam akan ditanam, yang mati kita sulam lagi, ini perlu gerakan bersama," katanya.

Ia juga meminta, agar kedepannya lahan ini harus steril dari penambangan ilegal dan meminta Sat Pol PP untuk menjaga kawasan ini.

"Biaya perawatan ini mahal hampir Rp 50 juta, makanya harus dipelihara, ini untuk dipelihara dan dijaga bukan seremoni. Ini harus steril jangan ada lagi truk pengangkutan pasir apalagi nambang disini, kita mau bantuan Sat Pol PP," katanya.

(Bangka Pos/Krisyanidayati)

 
 

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved