Advertorial

Peringatan Hardiknas di Bangka Tengah, Cetak SDM Kompetitif, Inovatif dan Berkarakter

UPACARA Peringatan Hardiknas 2019 di SMP Negeri 1 Koba yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah pass pukul 07.30 WIB berjalan khidmat

Peringatan Hardiknas di Bangka Tengah, Cetak SDM Kompetitif, Inovatif dan Berkarakter
Istimewa
UPACARA Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2019 di SMP Negeri 1 Koba yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah pass pukul 07.30 WIB berjalan dengan khidmat meskipun cuaca mendung, Kamis, (2/5) 

UPACARA Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2019 di SMP Negeri 1 Koba yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah pass pukul 07.30 WIB berjalan dengan khidmat meskipun cuaca mendung, Kamis, (2/5)

Selaku Inspektur Upacara Peringatan Hardiknas, Ibnu Saleh dalam sambutannya menyampaikan sesuai dengan Pembukaan UUD 1945, Pemerintah Indonesia ditugaskan untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pendidikan yang berkualitas pun menjadi satu di antara beberapa target pembangunan yang berkelanjutan yang pada akhirnya mendorong kesejahteraan semua kalangan.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk membangun dumber days manusia (SDM) sebut Ibnu Saleh yaitu untuk memiliki pengetahuan dan skill yang relevan baik vocational skill maupin technical skill agar dapat memperoleh pekerjaan yang layak dan memiliki jiwa kewirausahaan.

"Peringatan Hari Pendidikan Nasional hari ini diharap dapat menjadi momentum untuk merefleksikan dan mengukur langkah ke depan untuk menjawab tantangan di masa datang," ujar Ibnu Saleh.

Dijelaskan Ibnu Saleh, terobosan dan inovasi untuk dapat meningkatkan jumlah mahasiswa di Indonesia dan Bangka Tengah khususnya sangat diperlukan untuk dapat menghasilkan mutu yang baik dan relevan dengan kebutuhan pembangunan dan pasar kerja.

Online education, massive open online courses, cyber university sebut Ibnu Saleh merupakan contoh inovasi pendidikan sebagai upaya revolusi pendidikan. Selain itu penyediaan berbagai mata kuliah seperti big data, data analytics, entrepreneurship, dan lain sebagainya dengan tujuan untuk membekali lulusan perguruan tinggi dengan pengetahuan dan kemampuan bekerja mengahdapi tantangan dunia kerja.

Perguruan tinggi juga dituntut untuk meningkatkan akreditasi tinggi (A) dengan cara meningkatkan jumlah dan mutu penelitian dan publikasi, kerjasama pengembangan penelitian di tingkat nasional dan internasional serta memperbanyak prestasi mahasiswa hingga tingkat internasional.

"Upaya ini tentunya bertujuan untuk memacu perguruan tinggi untuk masuk dalam jajaran universitas terbaik dunia," ucap Ibnu Saleh.

Lebih lanjut Ibnu Saleh menyebutkan tak hanya peserta didik, daya saing para tenaga pengajar pun harus terus dikembangkan dengan peningkatan literasi pada data, literasi teknologi dan literasi manusia.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved