Temuan Mengejutkan, Udang di Pedesaan Inggris Mengandung Kokain

Para ilmuwan baru-baru ini mendapatkan temuan mengejutkan ketika menguji udang air tawar di sungai wilayah pedesaan Inggris, yaitu Suffolk.

Temuan Mengejutkan, Udang di Pedesaan Inggris Mengandung Kokain
kompas.com
Sampel udang yang mengandung Kokain di Inggris. 

BANGKAPOS.COM - Para ilmuwan baru-baru ini mendapatkan temuan mengejutkan ketika menguji udang air tawar di sungai wilayah pedesaan Inggris, yaitu Suffolk. Mereka menemukan udang di wilayah itu mengandung kokain.

Ya, udang-udang di wilayah tersebut mengandung obat terlarang. Bahkan tak hanya itu, sampel yang diuji juga menunjukkan udang itu mengandung obat terlarang lain yaitu ketamin.

Para peneliti yang merupakan gabungan dari King's College London dan University of Suffolk ini menguji sampel udang dari 15 lokasi berbeda.

Hasilnya, seluruh sampel yang diuji positif mengandung kokain dan ketamine.

Bagi para peneliti, ini merupakan sebuah temuan yang sangat mengejutkan.

"Apakah kandungan kokain pada hewan air adalah masalah bagi Suffolk, atau lebih luasnya kejadian di Inggris dan luar negeri, diperlukan penelitian lebih lanjut," ungkap Profesor Nic Bury dari University of Suffolk dikutip dari BBC, Rabu (01/05/2019).

"Kesehatan lingkungan telah menarik banyak perhatian masyarakat karena tantangan terkait dengan perubahan iklim dan polusi mikroplastik. Namun, dampak pencemaran kimia (Seperti obat-obatan) seolah 'tak terlihat' pada kesehatan satwa liar di Inggris," imbuhnya.

Temuan ini kemudian dipublikasikan para peneliti dalam jurnal Environment International. Sedangkan, udang yang mereka teliti merupakan spesies Gammarus pulex.

Selain obat terlarang, senyawa kimia yang juga ditemukan pada udang-udang itu adalah pestisida yang dilarang hingga komponen obat.

Meski para peneliti menyebut konsentrasi obat-obatan terlarang pada hewan ini "cenderung rendah", tapi masih ada kemungkinan ancaman bagi satwa liar.

Halaman
12
Editor: tidakada016
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved