Berita Pangkalpinang

Masyarakat Diminta Bersabar Menunggu Hasil Rukyatul Hilal Awal Ramadan

Masyarakat Diminta Bersabar Menunggu Hasil Rukyatul Hilal Awal Ramadan

Masyarakat Diminta Bersabar Menunggu Hasil Rukyatul Hilal Awal Ramadan
Bangkapos.com/Edwardi
Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, H Abdul Rohim. 

BANGKAPOS.COM-- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang dipastikan akan ikut dalam kegiatan rukyatul hilal penentuan awal Ramadan tahun 1440 H/ 2019 M yang akan dilaksanakan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Desa Penagan, Minggu (05/05/2019).

Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, H Abdul Rohim saat dihubungi bangkapos.com, Sabtu (04/05/2019).

Dia sudah menginstruksikan Penyelenggara Syariah Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang untuk membentuk tim yang akan ikut dalam kegiatan rukyatul hilal, menyusul terbitnya Surat Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor: B-1856/Kw.29.B.4/HK.02.3.2/04/2019 terkait perihal tersebut.

“Rukyatul hilal merupakan aktivitas mengamati visibilitas hilal atau bulan sabit yang tampak pertama kali sebagai tanda masuknya bulan baru dalam penetapan kalender hijriyah,”jelas Rohim.

Dilanjutkannya, aktivitas rukyatul hilal ini sangat penting dilakukan, salah satunya untuk menentukan kapan masuknya awal bulan Ramadan sebagai pedoman bagi umat Islam dalam melaksanakan ibadah puasa.

Hal ini memang merupakan salah satu kewenangan Kementerian Agama untuk melaksanakannya.

“Saya juga telah meminta Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Penyelenggara Syariah untuk melakukan koordinasi dengan pihak Pengadilan Agama Kota Pangkalpinang sesuai dengan instruksi dari Kantor Wilayah terkait pelaksannan rukyatul hilal ini,” imbuhnya.

Diharapkannya, agar rukyatul hilal yang dilaksanakan besok dapat berjalan dengan lancar dan masyarakat dapat bersabar menunggu hasil rukyatul hilal Kementerian Agama yang ditetapkan melalui sidang isbat agar tidak ada perbedaan dalam menentukan awal puasa tahun ini. (Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved