Berita Sungailiat

VIDEO : Mandi Belimau, Tradisi Jelang Puasa Ramadan di Lokasi Pemakaman Depati Bahrin

Satu diantara tradisi yang biasa dilakukan sebagian masyarakat menjelang tiba bulan suci ramadan yakni ziarah kubur dan tradisi mandi belimau.

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Tinggal beberapa hari lagi umat muslim di Kabupaten Bangka akan melaksanakan ibadah puasa. Berbagai persiapan menyambut bulan yang penuh berkah ini pun dilakukan warga.

Satu diantara tradisi yang biasa dilakukan sebagian masyarakat menjelang tiba bulan suci Ramadan yakni ziarah kubur dan tradisi Mandi Belimau.

Pemerintah Kabupaten Bangka menggelar tradisi mandi Belimau di sekitar makam Depati Bahrin, Desa Kimak, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Sabtu (4/5/2019).

Mandi Belimau dihadiri masyarakat sekitar dan keluarga besar Depati Bahrin.

Keluarga Depati Bahrin, yakni Muhtar Bahrin menyampaikan beberapa pesan terkait Mandi Belimau.

Mandi Belimau merupakan budaya terdahulu yang pernah dilakukan oleh Depati Bahrin dalam mensucikan diri menyambut bulan suci Ramadan.

Muhtar Bahrin mengucapkan terima kasih ke Pemerintah daerah, yang secara rutin telah melaksanakan budaya Mandi Belimau secara terus menerus.

"Budaya ini demi untuk menghargai pejuang kita. Kebiasaan ini telah dilaksanakan 20 tahun, jangan dihilangkan, tetapi dikemas lebih baik demi generasi penerus kita ke depan," kata Muhtar Bahrin. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved