Banjir Melanda Sejumlah Kawasan di Pangkalpinang Ketinggian 30-80 Cm

Mikron Antariksa mengatakan sejumlah kawasan di Kota Pangkalpinang terendam banjir lantaran hujan yang mengguyur Ibu Kota Provinsi dari pukul 09.30-13

Banjir Melanda Sejumlah Kawasan di Pangkalpinang Ketinggian 30-80 Cm
Bangka Pos/Tomi
Banjir di kawasan Gang Merpati, Gedung Nasional. Minggu (5/5/2019) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa mengatakan sejumlah kawasan di Kota Pangkalpinang terendam banjir lantaran hujan yang mengguyur Ibu Kota Provinsi dari pukul 09.30-13.35, Minggu (5/5/2019).

Mikron menyebutkan beberapa titik yang terendam banjir diantaranya Jalan Balai, Kampung Opas, Air Salemba, Kacang Pedang, Bukit Tani, Kawasan Gedung Nasional.

"Rata-rata yanga terendam banjir ini kawasan yang memang biasa banjir, ketinggiannya 30-80 cm," kata Mikron, Minggu, (5/5/2019).

Ia menyebutkan, pihaknya belum dapat memastikan total rumah warga yang terendam banjir di beberapa kawasan itu.

"Data semuanya belum ada, tapi yang baru masuk itu misalnya di Gang Mangga RT 1 RW 3 kacang Pedang wilayah terdampak langsung genangan 30 KK, 120 jiwa tinggi air 50-80 cm. Kondisi terakhir sudah mulai surut di kisaran 20-50 cm," bebernya.

Mikron menjelaskan, setiap hujan dengan intensitas tinggi sekitar 60 menit, maka beberapa kawasan dimungkinkan akan tergenang hingga banjir.

"Sekitar 1 jam hujan lebat intensitas tinggi sering banjir apalagi kawasan yang memang sering banjir," sebutnya.

Dikatakannya, ada banyak faktor yang menyebabkan sejumlah kawasan rentan banjir misalnya saluran air kecil yang tidak mampu menampung curah hujan.

"Belum lagi masalah sampah dan tingkat kejenuhan tanah tinggi sehingga air tidak meresap ke tanah. Banyak juga alih fungsi lahan harusnya serapan air berubah menjadi gedung," katanya.

Dikatakannya, BPBD Provinsi telah menurunkan tim ke lokasi-lokasi banjir untuk membantu evakuasi korban maupun barang. Pihaknya, juga menyalurkan bantuan logistik.

"Di setiap titik lokasi ada BPBD Provinsi, dan kita mulai menyalurkan bantuan logistik berupa makanan siap saji, Air minum dari bolesa. Ada juga bantuan dari komunitas," sebutnya.

(Bangka Pos/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved