Ramadan

Nabi Muhammad SAW Baca Ini Ketika Melihat Hilal Ramadan dan Doa Menyambut Bulan Ramadan

Ketika Rasulullah melihat hilal, sebagi tanda masuknya bulan Ramadan, beliau membaca doa agar Allah

Nabi Muhammad SAW Baca Ini Ketika Melihat Hilal Ramadan dan Doa Menyambut Bulan Ramadan
TribunWow.com
Marhaban Ya Ramadan, Selamat Datang Ramadan 

BANGKAPOS.COM--Nabi Muhammad SAW pernah membaca doa untuk menyambut bulan mulia Ramadan.

Ketika Rasulullah melihat hilal, sebagi tanda masuknya bulan Ramadan, beliau membaca doa agar Allah melimpahkan keberkahan dan keselamatan.

Doa menjelang Ramadan itu dalam bahasa arab: Allâhumma ahillahu ‘alainâ bil yumni wal îmani was salâmati wal islâm. Rabbî wa rabbukallâ

Anggota tim Rukyatul Hilal memantau hilal penetapan jadwal puasa 2018 di Masjid Al Musari'in, Basmol, Jakarta, Selasa (15/5/2018). Kementerian Agama menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan 1 Ramadan 1439 H di 95 titik pemantauan yang tersebar di 32 provinsi guna menetukan rukyatul hilal dan data hisab posisi hilal untuk dimusyawarahkan dalam sidang isbat.
Anggota tim Rukyatul Hilal memantau hilal penetapan jadwal puasa 2018 di Masjid Al Musari'in, Basmol, Jakarta, Selasa (15/5/2018). Kementerian Agama menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan 1 Ramadan 1439 H di 95 titik pemantauan yang tersebar di 32 provinsi guna menetukan rukyatul hilal dan data hisab posisi hilal untuk dimusyawarahkan dalam sidang isbat. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Artinya, “Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu (wahai bulan) adalah Allah.”

Di tahun 2019 ini, perkiraan bulan Ramadan akan jatuh pada tanggal 6 Mei mendatang.

Ramadan adalah bulan paling mulia di antara 12 bulan yang Allah ciptakan.
Itulah alasan mengapa kehadiran bulan Ramadhan dan bulan puasa sangat dinantikan umat Islam.

Tak sedikit pula yang berdoa agar usianya disampaikan hingga Ramadan tiba.

Pada bulan Ramadan, umat Islam yang memenuhi syarat tertentu, diwajibkan untuk melaksanakan puasa, mulai dari imsak atau waktu subuh, hingga waktu berbuka di sore hari pada saat Magrib.

Melansir laman Tribun Jabar, (tayang 8 Mei 2018) Nabi Muhammad SAW, semasa hidupnya sangat menanti-nanti kehadiran Ramadhan.

Beliau kemudian mempersiapkan dengan banyak amalan. Dan yang paling masyur, disebutkan dalam banyak hadist, Rasulullah melakukan banyak puasa di bulan syaban dan amalan-amalan lainnya.

Halaman
1234
Editor: tidakada016
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved