Aturan Warga Negara Asing yang Overstay akan Didenda Rp 1 Juta/hari

Pemerintah Keluarkan Aturan Warga Negara Asing yang Overstay akan Didenda Rp 1 Juta/hari

Aturan Warga Negara Asing yang Overstay akan Didenda Rp 1 Juta/hari
Istimewa
Para wisatawan dari berbagai negara menumpang Kapal Pesiar Coral Adventurer Cruise singgah di Pantai Tanjung Kalian, Muntok, Bangka Barat, Kamis ( 24/4/2019 ) sore. 

BANGKAPOS.COM - Pemerintah Indonesia membuat peraturan yang menyatakan bahwa warga negara asing (WNA) yang overstay akan dikenakan denda.

Kebijakan denda untuk WNA yang overstay ini akan berlaku terhitung sejak 3 Mei 2019.

Nantinya, para WNA yang ketahuan overstay akan didenda sebesar Rp 1 juta per hari.

Kebijakan pemberian denda kepada WNA ini berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun 2019 Tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).
Danau Tamblingan di Bali
Danau Tamblingan di Bali (www.instagram.com/reski.azn)

Peraturan inipun berlaku pada Kementerian Hukum dan HAM RI.

Dalam PP No 28 Tahun 2019 ini berisikan bahwa setiap orang asing yang berada di Wilayah Indonesia Melampui Waktu Tidak Lebih dari 60 (enam puluh) hari dari izin keimigrasian yang diberikan dikenakan DENDA Rp 1 Juta/hari.

Peraturan Pemerintah ini telah ditetapkan dan diundangkan pada tanggal 18 April 2019 dan mulai berlaku setelah 15 (lima belas) hari terhitung sejak tanggal diundangkan yaitu pada tanggal 3 Mei 2019.

Menuai Pro-Kontra

Kebijakan baru dari pemerintah terkait denda bagi WNA yang overstay inipun menuai pro dan kontra.

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pontianak menyambut baik pemberlakuan Tarif Baru ini dan akan segera mensosialisasikan peraturan ini kepada masyarakat.

Hal ini juga dilakukan dalam rangka peningkatan pengawasan orang asing dan Penegakan Hukum Keimigrasian untuk menjaga Kedaulatan NKRI.

Di sisi yang lain Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Pariwisata sangat menyayangkan hal tersebut.

Dilansir dari Tribun Bali, aturan yang sangat berat itu bisa memengaruhi kunjungan wisatawan, karena banyak turis asing perorangan yang datang ke Bali.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, I Made Madra mengatakan bahwa kebijakan tersebut akan menjadi masalah bagi WNA yang datang secara perorangan.

Selain itu, ditakutkan bahwa banyak WNA yang mengurungkan niatnya untuk berkunjung ke Bali dan memindahkan tujuan mereka ke Singapura.

Artikel ini telah tayang di Tribuntravel.com dengan judul Pemerintah Keluarkan Aturan Warga Negara Asing yang Overstay akan Didenda Rp 1 Juta/hari

Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved