Berita Pangkalpinang

511 Pelajar Babel Berebut Alokasi 27 Kursi Masuk IPDN

Sebanyak 511 Pelajar Provinsi Kepulauan Bangka akan berkompetisi dalam Seleksi penerimaan Calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

511 Pelajar Babel Berebut Alokasi 27 Kursi Masuk IPDN
Bangkapos.com/Kristanidayati
Kasubbid Perencanaan dan Pengadaan Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M. Erisco Nurrahman 

BANGKAPOS.COM-- Sebanyak 511 Pelajar Provinsi Kepulauan Bangka akan berkompetisi dalam Seleksi penerimaan Calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kementerian Dalam Negeri tahun 2019.

Diketahui ada 516 peserta yang mendaftar, hanya 511 peserta yang bisa lulus seleksi administrasi dan akan mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang akan dilaksanakan sekitar tanggal 22 Juni hingga 2 Juli mendatang.

Kasubbid Perencanaan dan Pengadaan Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M Erisco Nurrahman, mengatakan jumlah pendaftar seleksi IPDN tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar 400 pelamar.

Tahun ini Babel mendapatkan alokasi formasi untuk IPDN sebanyak 27 orang, jumlah ini menurun dibandingkan tahun lalu sebanyak 38 orang.

"511 orang ini yang nantinya akan ikut SKD, jumlah pendaftar IPDN tahun ini meningkat, dan memang setiap tahun trendnya meningkat yang mendaftar. Karena minatnya memang tinggi, ini kan ikatan dinas yang lulus langsung CPNS,"jelas Erisco kepada bangkapos.com, Rabu (8/5/2019).

Erisco menyebutkan, tahapan selanjutnya bagi peserta yang dinyatakan lulus administrasi ialah SKD.

"Setelah mereka memenuhi persyaratan administrasi dan dinyatakan lulus lalu melakukan pembayaran pendapatan negara bukan pajak (PNBP) SKD, lalu mendapatkan kode billing, kode billing inilah yang akan digunakan untuk log in," kata Erisco.

Untuk SKD di Babel, rencananya akan dilaksanakan selama dua hari dengan menggunakan ruangan CAT Lantai 4 Kantor Gubernur Babel.

"Kita belum tau jadwal SKD Babel tanggal berapaa, tapi jadwal yang ditetapkan pansel pelaksanaan SKD 22 Juni sampai 2 Juli," sebutnya.

Dikatakannya, alokasi formasi IPDN per Provinsi ditetapkan oleh kementerian Dalam Negeri dan setiap tahunnya berbeda.

"Memang kita turun alokasi formasinya, ini disesuaikan dengan jumlah pemerintah daerah, satu pemda itu biasanya tiga sampai lima orang, kalau kita kan ada delapan pemerintah daerah," katanya. (Bangkapos.com/Krisyanidayati)

 
 

Penulis: krisyanidayati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved