Ramadan

Beban Puncak Listrik di Babel Naik 2 MW Selama Ramadan, PLN Beberkan Faktor Penyebabnya

Senior Manager Teknik PLN Babel, Taufik Eko mengatakan terjadi peningkatkan beban puncak listrik saat bulan Ramadan

Beban Puncak Listrik di Babel Naik 2 MW Selama Ramadan, PLN Beberkan Faktor Penyebabnya
Bangka Pos/Krisyanidayati
Senior Manager Teknik PLN Babel, Taufik Eko 

BANGKAPOS.COM - Senior Manager Teknik PLN Babel, Taufik Eko mengatakan terjadi peningkatkan beban puncak listrik saat bulan Ramadan mencapai 1-2 MW.

Kenaikan beban puncak ini terjadi pada saat berbuka yakni mulai 18.00-22.00 WIB dan pukul 03.30 – 05.00 WIB saat sahur.

"Beban puncak ada kenaikan 1-2 mega, biasanya 148 MW sekarang 151 MW selama Ramadan," kata Taufik, Rabu (8/5/2019).

Ia menyebutkan, kenaikan beban puncak ini dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya, cuaca yang panas belakangan menyebabkan masyarakat lebih banyak menggunakan peralatan listrik di malam hari.

"Ada beberapa penyebab, salah satunya udara sudah mulai panas dan aktivitas masyarat banyak yang dilakukan di rumah sehingga menghidupkan fasilitas yang menggunakan listrik di rumah," katanya.

Meski terjadi kenaikan beban puncak, disebutkannya kendalan pasokan listrik masih tetap terjamin. Supply listrik PLN  selama Ramadan di Pulau Bangka sebesar 188,79 MW dengan demand 149,2 MW. Sedangkan pada sistem Belitung tercatat supply sebesar 74,45 MW dengan demand 44,68 MW.

"Daya seperti ini kondisi ini cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik di Bangka dan Belitung selama bulan ramadan. Kita upayakan tidak ada pemadaman pada waktu-waktu berbuka dan sahur agar masyarakat dapat beribadah dengan khidmat dan tenang," tambahnya.

Kendati demikian, kata dia ada kondisi yang  diluar kendali mungkin terjadi, misalnya gangguan pada sistem yang disebabkan pohon tumbang, hewan, dan petir.

"Kita mohon doanya semoga listrik tetap terkendali dan aman, kepada masyarakat kalau ada jaringan listrik yang terganggu segera laporkan," pintanya.

(Bangka Pos/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved