Pemilu 2019

Saksi 02 Menolak Tanda Tangan, Begini Penjelasan Ketua KPU Babel

Saksi dari Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 02, Suwarno menyatakan keberatan dan menolak untuk menandatangani rapat pleno.

Saksi 02 Menolak Tanda Tangan, Begini Penjelasan Ketua KPU Babel
Bangkapos.com/Muhammad Rizki
Davitri, ketua KPU Provinsi Bangka Belitung. 

BANGKAPOS.COM-- Pada saat Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bangka Belitung selesai membacakan sertifikat rekapitulasi pemilihan calon presiden dan wakil presiden, saksi dari Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 02, Suwarno menyatakan keberatan dan menolak untuk menandatangani rapat pleno.

Keberatan Suwarno dikarenakan data terkait pemilih disabilitas. Diakui Suwarno, pada awalnya penghitungan di tingkat KPPS tidak dipermasalahkan, dan ketika data tersebut masuk ke KPU provinsi ternyata terjadi kekeliruan.

Oleh karena itu ia merasa keberatan untuk menandatangani rapat pleno kali ini. Apalagi dia mendapatkan instruksi dari DPP Partai Gerindra, agar para saksi untuk tidak menandatangani berita acara pada rapat pleno.

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU Provinsi Bangka Belitung, Davitri mengatakan jika KPU dan Bawaslu sudah menjelaskan dalam proses perbaikan beberapa kabupaten.

Memang sebelumnya ada penulisan yang tidak sesuai dari KPPS, kemudian setelah ditelusuri KPU provinsi meminta pembetulan dilakukan oleh KPU kabupaten/kota terhadap data pemilih disabilitas, bukan jumlah pengguna hak pilih.

"Dikarenakan jika pembetulan tersebut berada di jumlah pengguna hak pilih tentu akan berpengaruh kepada suara sah dan suara tidak sah," jelas Davitri, Rabu (8/5/2019) diruang kerjanya

Namun apabila memang hal tersebut tidak bisa diterima oleh saksi 02, Davitri mengatakan tidak menjadi soal.  Dia meminta agar saksi dari 02 dapat mencatat keberatan tersebut di dalam form DC2 dan mengingat saksi juga sudah mendapat mandat dari DPP

"Kita minta agar saksi untuk mencatatnya pada form DC2," pungkas Davitri. (Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved