Berita Pangkalpinang

Tingginya Biaya Transportasi, Tanpa Subsidi BPIH Tahun 2019 Mencapai Rp 64 Juta

Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji (BPIH) untuk jamaah tahun 2019 sebesar Rp 64 juta per orang.

Tingginya Biaya Transportasi, Tanpa Subsidi BPIH Tahun 2019 Mencapai Rp 64 Juta
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Kepala Kantor Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Muhammad Ridwan. 

BANGKAPOS.COM-- Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji (BPIH) untuk jamaah tahun 2019 sebesar Rp 64 juta per orang. Namun, biaya ini tidak sepenuhnya ditanggung oleh jamaah melainkan juga disubsidi oleh pemerintah melalui anggaran optimalisasi dana haji.

Untuk Babel, jumlah BPIH yang harus dilunasi untuk keberangkatan tahun 2019 sebesar Rp 33.429.575. Jumlah ini menurun dibandingkan BPIH tahun 2018 Rp 33.529.675.

"Biaya real haji itu Rp 64 juta, jamaah Babel membayar Rp 33 juta sekian untuk tahun ini, sisanya dibebankan ke pemerintah melalui anggaran optimalisasi dana haji, kan jamaah daftar ada yang  delapan tahun, dana optimalisasi inilah yang digunakan untuk subsidi silang sehingga Rp 30 jutanya ini dibiayai dari dana optimalisasi ini," jelas Kepala Kantor wilayah kementerian Agama Babel, Muhammad Ridwan, Rabu (8/5/2019).

Ia menyebutkan, tingginya biaya haji Indonesia umumnya termasuk Babel lantaran tingginya biaya transportasi. Dikatakannya, untuk satu jamaah pulang pergi membutuhkan dana sebesar Rp 30 juta/jemaah.

"Mengapa mahal biaya haji, item yang paling mahal charter pesawat, karena pesawat kalau nganter kan pulangnya kosong dan harus jemput lagi. Transportasi 1 jemaah Rp 30 juta," kata Ridwan.

Ia menyebutkan, itu baru transportasi saja namun ada beberapa biaya lainnya misalnya penginapan yang selama 40 hari.

"Tadi dari sisi transportasi, dari akomodasi itu penginapan 40 hari yang juga harus dibiayai, ditambah lagi biaya konsumsi jemaah selama 34 hari disana yang juga ditanggung. Itulah gunanya ada biaya optimalisasi ini, sehingga jemaah tidak terlalu dibebankan," ungkap Ridwan. (Bangkapos.com/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved