Ramadan

VIDEO: Berburu Sajian Kuliner Ramadan di Belinyu Bangka

Berbagai sajian makanan dan minuman bisa didapatkan ketika Bulan Ramadhan tiba. Seperti halnya di Kota Kecamatan Belinyu Bangka.

BANGKAPOS.COM  --- Berbagai sajian makanan dan minuman bisa didapatkan ketika Bulan Ramadhan tiba. Seperti halnya di Kota Kecamatan Belinyu Bangka. Warung kuliner dadakan berdiri persis di simpang tiga, bawah tebing Kantor Pos Belinyu. Pusat kuliner di lokasi ini, Rabu (8/5/2019) petang, ramai dikunjungi.

Makanan yang tersedia mulai lauk-pauk, seperti ikan sambal, ikan lempah kuning, ikan goreng masak taucoh, ikan asin, ayam panggang, rendang dan sebagainya. Sedangkan sayuran, mulai tumis daun ubi hingga sayuran segar lainnya, juga tersedia.

Tak ketinggalan kuliner khas daerah seperti kelesan (empek-empek), cacak ikan (enjan) rujak suun, empek-empek telor hingga selada. Sedangkan minuman ringannya bervariasi, begitu menggoda selera. Minuman ringan yang dimaksud, mulai es cincau, es dawet atau cendol, hingga es buah berbagai jenis.

Seorang pedagang, Dewi (45), ibu rumah tangga yang berdomisili di kawasan Mantung Belinyu ditemui bangkapos.com disela-sela kesibukannya, Rabu (8/5/2019) petang mengaku sebagian besar kuliner yang ia jual merupakan titipan orang. Ia hanya menjual makanan yang sudah dikemas itu untuk mencari upah saja.

"Ada macam-macam makanan dan minuman silahkan dipilih. Selada harganya (percup) Rp 8.000, pempek lenggang (percup) Rp 7.000 dan cacak ikan harga (percup) Rp 5.000. Harganya bervariasi," kata Dewi, memastikan ada berbagai jenis dagangan yang ia jual untuk warga yang ingin berbuka puasa di Bulan Ramadhan.

Sementara itu satu persatu pengunjung memenuhi kawasan ini. Di tempat ini terdiri berbagai lapak yang diisi oleh puluhan pedagang dari berbagai tempat. Begitu pula pembeli, tak hanya dari Kota Belinyu, namun juga luar daerah.

"Saya hanya mendapat upah sekitar Rp Rp 1.000 percup karena itu dagangan titipan orang," kata Dewi.

(Bangka Pos/Fery Laskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved