209 Penumpang Pesawat Tewas Tahun Ini, Pesawat Masih Jadi Pilihan Transportasi Aman

Pesawat Masih Dianggap Transportasi yang Aman Meski 209 Penumpang jadi Korban Kecelakaan

209 Penumpang Pesawat Tewas Tahun Ini, Pesawat Masih Jadi Pilihan Transportasi Aman
ClickHowTo
kecelakaan pesawat 1 

BANGKAPOS.COM - Meski telah terjadi peningkatan kecelakaan dan kematian yang terjadi pada penumpang pesawat pada 2018 dan 2019, banyak ahli penerbangan menganggap kenaikan baru-baru ini sebagai kesalahan statistik.

Mereka mencatat bahwa kecelakaan dan kematian saat ini masih terbilang cukup kecil dibandingkan era 1990-an.

Kemajuan dalam desain pesawat dan bandara, kontrol lalu lintas udara, dan pelatihan pilot yang lebih baik sering disebut sebagai faktor dalam mengurangi kecelakaan.

Seth Young, direktur program penerbangan di Ohio State University, mengatakan: "Saya tidak berpikir kita akan pernah mencapai nol kecelakaan, tetapi penerbangan masih menjadi moda transportasi paling aman yang pernah ada."

Di AS, tidak ada penumpang maskapai tewas dalam kecelakaan dari 2009 hingga April 2018, ketika seorang wanita di jet Southwest Airlines meninggal setelah mesin pecah dalam penerbangan.

Di seluruh dunia, ada lebih dari 50 kecelakaan maskapai yang fatal dalam setahun hingga awal dan pertengahan 1990-an, merenggut lebih dari 1.000 nyawa setiap tahun, menurut angka yang dikumpulkan oleh Flight Safety Foundation.

Kematian turun dari 1.844 pada tahun 1996 menjadi hanya 59 pada tahun 2017, kemudian naik menjadi 561 tahun lalu dan 209 pada tahun ini.

Hampir setengah dari kematian pada tahun 2018 dan 2019 terjadi akibat kecelakaan dua jet Boeing 737 Max di Indonesia dan Ethiopia.

Dalam setiap kasus, peneliti memeriksa peran perangkat lunak penerbangan yang mendorong hidung pesawat turun berdasarkan pembacaan sensor yang salah.

Itu menimbulkan kekhawatiran tentang keamanan di sekitar kontrol penerbangan otomatis, kata William Waldock, seorang ahli di Universitas Aeronautika Embry-Riddle.

Dia mengatakan: 'Pilot tidak dilatih dengan baik padahal mereka adalah operator sistem dan manajer sistem.

Kecelakaan pesawat
Kecelakaan pesawat (Sergei Fadeichev/TASS)
Halaman
123
Editor: ediyusmanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved