Berita Sungailiat

Baznas Kabupaten Bangka Tetapkan Zakat Fitrah Rp 32.500 Per Jiwa

Tahun ini tidak jauh beda, dengan kesepakatan para ulama, dalam rapat hari ini, zakat di keluarkan para muzaki

Baznas Kabupaten Bangka Tetapkan Zakat Fitrah Rp 32.500 Per Jiwa
Bangkapos/Riki Pratama
Ketua Baznas Kabupaten Bangka, Nasir Hasan. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Badan Amil Zakat Nazional (Baznas) Kabupaten Bangka, menetapkan untuk zakat fitrah yang wajib dibayarkan oleh masyarakat di Kabupaten Bangka sebesar Rp 32.500 perjiwanya.

Hal itu berdasarkan kesepakatan para ulama yang melakukan rapat penentuan nominal zakat fitrah, zakat fidyah dan zakat maal di Masjid Agung, Kecamatan Sungailiat, pada Kamis (9/5/2019).

Ketua Baznas Kabupaten Bangka, Nasir Hasan, mengatakan berdasarkan hasil kesepakatan para ulama maka zakat fitrah yang wajib dibayarkan tidak jauh dari tahun kemarin yakni Rp 32.500 per jiwa.

"Tahun ini tidak jauh beda, dengan kesepakatan para ulama, dalam rapat hari ini, zakat di keluarkan para muzaki,  besaran zakat yang dikeluarkan zakat fitrah untuk masing jiwa bila beras 2,5 kg , tetapi bila dihargai dengan duit diputuskan Rp 32.500 tiap jiwa,"kata Nasir kepada wartawan, Kamis (9/5/2019) di Masjid Agung.

Ia menambahkan, untuk zakat fitrah ditetapkan Rp 32.500 ditetapkan semoga bisa dilaksanakan oleh seluruh masyarakat untuk membayar zakatnya dimulai pada pertengahan bulan ramadan ini.

" Itu diputusan  Rp 32.500, tetapi apabila ada yang tiap hari makan beras melebihi 32.500 atau melebihi harga beras yang di bicarakan disini, dengan status Rp 13 ribu,

dia harus berzakat sesuai dimakan, milasnya harganya Rp 15 ribu sekilo, dia mengelurkan zakat sebesar itu juga, itu ketentuannya, untuk itu para muzakir agar bisa membayarkan zakatnya,"ungkapnya.

Sementara, untuk pembayaran zakat Fidyah berdasarkan kesepakatan yakni untuk satu orang Rp 20 ribu perhari, diberikan kepada fakir miskin.

"Kalau zakat fidyah, untuk orang yang sudah tua, orang hamil, dan segala macam, harus bayar fidyah, kalau tidak puasa, satu orang Rp 20 ribu,

per orang, artinya diberikan ke seorang fakir miskin, dengan Rp 20 ribu dihargakan perhari, untik makan orang fakir miskin,"ungkapnya.

Selain itu, ada zakat lainya, yakni zakat Maal yang berdasarkan kesepakatan para ulama yakni sebesar Rp 1.236.877,5,

untuk yang memiliki harta kekayaan atau simpanan harta berupa emas 85 gram atau uang tabungan dalam setahun mencapai Rp 49.475.000, wajib mengelurkan zakat maal.

"Untuk zakat maal, zakat untuk orang yang memiliki kekayakan apabila sudah mencapai 85 gram emas ,itu wajib dia mengelurkan zakatnya, kalau dua setengah persen artinya Rp 1.236.877,5  zakat maal di keluarkan hasil kesepakan kita hari ini,"ungkapnya. (Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved