Advetorial

Kepala Desa dan Perangkat Desa Belitung Timur Terlindungi JKN-KIS

BPJS Kesehatan melaksanakan Sosialisasi dan perjanjian kerjasama antara pemerintah Kabupaten Beltim, dengan BPJS kesehatan cabang Pangkalpinang

Kepala Desa dan Perangkat Desa Belitung Timur Terlindungi JKN-KIS
ist/BPJS Kesehatan melaksanakan Sosialisasi dan perjanjian kerjasama antara pemerintah Kabupaten Beltim, dengan BPJS kesehatan cabang Pangkalpinang
Penandatangan oleh BPJS Bangka Belitung dan Pemkab Belitung Timur dilaksanakan di ruang rapat Kantor Bupati Belitung Timur pada hari Rabu (8/5). 

BANGKAPOS.COM-- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melaksanakan sosialisasi dan pendantanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama antara pemerintah Kabupaten Belitung Timur, dengan BPJS kesehatan cabang Pangkalpinang tentang kepersertaan Kepala desa dan Perangkat Desa se-Belitung Timur dalam program jaminan kesehatan.

Penandatangan oleh BPJS Bangka Belitung dan Pemkab Beltim dilaksanakan di ruang rapat Kantor Bupati Beltim pada Rabu, (8/5/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza, kepala BPJS kesehatan Kanwil Provinsi Bangka Belitung, Dr Adian fitria AAAK, Kepala dinas Sosial pemberdayaan masyarakat dijabat oleh Ida Lismawatil, Kepala BPJS kesehatan Belitung Timur, Timbul Samosir, Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Provinsi Bangka Belitung, Dwi Brilyani Sandy S,Farm.,Apt, dan juga para Kades dari dan perwakilan dari 39 Desa yang ada di Belitung Timur.

Bupati Belitung Timur Yuslih ihza dalam sambutanannya menyambut baik atas terlaksananya kegiatan ini, dimana dengan ditandatanganinya kerjasama ini, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur dan BPJS Kesehatan dapat menjalin kerjasama dengan tujuan terlaksananya pemberian Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kabupaten Belitung Timur yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk Kepala Desa dan Perangkat Desa.

"lni merupakan upaya Pemerintah Daerah untuk memberikan payung Hukum dalam upaya perlindungan kesehatan bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa," ujar Yuslih dalam sambutannya.

Menurut Yuslih Aparatur perangkat desa berhak mendapatkan perlindungan jaminan sosial kesehatan. PasaInya, aparatur desa juga merupakan ujung tombak pelayanan masyarakat di desa.
Karenanya, melalui kerjasama ini, akan menjadi momentum awal yang diberikannya jaminan kesehatan bagi aparatur perangkat maupun kepala desanya.

"Saya berharap kepala desa dan perangkat desa yang belum menjadi peserta JKN-KIS, bisa segera didaftarkan untuk memenuhi kewajiban yang diamanahkan regulasi. Sesuai dengan Pasal 25 Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan bahwa Kepala Desa dan Perangkat desa," ucap Yuslih.

Sementara itu, kepala BPJS kesehatan Kanwil Provinsi Bangka Belitung, Adian fitria menuturkan program jaminan kesehatan merupakan hak setiap orang, satu diantaranya yakni Kepala desa dan Perangkat desanya, yang sebenarnya sudah diatur dalm undang undang desa, permendes dan permendagri bahwa mereka berhak mendapatkan jaminan kesehatan.

"Alhamdulilah pada hari ini kami telah melakukan penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) terkait dengan jaminan kesehatan bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa sehingga tidak perlu kawatir lagi jaminan kesehatannya ketika sedang sakit," ujar Adian.

BPJS Kesehatan Bangka Belitung juga mengucapakan terimakasih kepada pemerintah kabupaten Belitung Timur, atas dukungannya serta perhatian yang cukup tinggi.

Adian menegaskan hal tersebut terbukti dengan telah mencapai UHC dengan 90,01 persen telah bergabung dalam program kesehantan. Dijelaskannya sampaikan bahwa sampai dengan 1 April 2019 jumlah penduduk yang telah memiliki Jaminan Kesehatan melalui program JKN-KIS di Kabupaten Belitung Timur 117.154 jiwa dari penduduk sebanyak 123.305 jiwa atau sebanyak 95,01 persen,

"Masih terdapat 4,99 persen penduduk Kabupaten Beltim yang perlu jaminan kesehatan.
ini juga menjadi motivasi bagi aparatur Desa sendiri jangan sampai mereka belum mendapat jaminan sedang warganya sudah memiliki jaminanan," ujar Adian

Adian mengutarakan atas nama BPJS Kesehatan, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Beltim, kepala desa pemangku kepentingan yang turut berperan aktif dalam menyehatkan masyarakat Indonesia, kususnya penduduk di Belitung Timur melalui program jaminan kesehatan nasional kartu Indonesia sehat (JKN- KIS). (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved