Berita Sungailiat

'Asak Kawa Begawe' Kisah Sumarni Meraup Rupiah dari Usaha Berjualan Kolang Kaling

Ibu tiga anak ini menceritakan, mereka menjalankan usahanya secara kekeluargaan, mulai dari mencari

'Asak Kawa Begawe' Kisah Sumarni Meraup Rupiah dari Usaha Berjualan Kolang Kaling
Bangkapos/Nurdin
Sumarni (33), bersama anaknya memisahkan kulit kolang kaling dari isinya di kediamannya Desa Air Duren, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--"Asak kawa begawe susah, pasti ade hasil ae bang, yang penting kawa bai, ( asal mau bekerja susah, pasti ada hasilnya, yang penting mau bekerja)," kata Sumarni (33), sambil memisahkan biji kolang kaling dari kulitnya, Jumat (10/5).

Sumarni bersama suaminya, Misdar (40), warga Air Duren, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka menjalankan usaha dadakan kolang kaling atau yang disebut buah aren sejak 2015 silam.

Waktu itu katanya, suaminya sering mengambil buah aren ke kampung-kampung saat bulan Ramadan untuk tengkulak, namun sejak 2015 silam merekapun mulai menjalankan usaha secara mandiri dengan menjual kolang kaling.

" Dari suamilah awalnya usaha ini, saya bantu-bantu saja," ungkap Sumarni.

Ibu tiga anak ini menceritakan, mereka menjalankan usahanya secara kekeluargaan, mulai dari mencari buah, hingga mengantarkan kolang kaling siap jual ke tengkulak di pasar dilakukan keluarga.

Suaminya biasa bertugas mencari buah dan mengantarkankolang kaling siap jual ke pasar, dirinya beserta anak dan keluarga lainnya merebus hingga memisahkan kulit dengang biji kolang kaling.

" Ya beginilah bang, saling bantu, anak juga ikut, mereka saya bayar perkaleng susu sisa pakai Rp 1000, yang sudah dipisah dari kulit, supaya mereka semangat sambil nunggu buka puasa," ungkapnya.

Dirinyapun mengaku tidak tahu berapa banyak sehari mereka mampu memisahkan buah aren hingga menjadi kolang kaling, namun paling sedikit 50 kilogram setiap harinya selama Ramadan.(Bangkapos/Nordin)

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved