Berita Pangkalpinnag

Bahaya Pewarna Tekstil Rhodamin B yang Terkandung di Takjil, Bisa Sebabkan Kanker

Diketahui BPOM Pangkalpinang menemukan satu sampel makanan yakni apem yang mengandung rhodamin dari 82 sampel yang diuji.

Bahaya Pewarna Tekstil Rhodamin B yang Terkandung di Takjil, Bisa Sebabkan Kanker
Bangka Pos/Krisyanidayati
Kepala BPOM Pangkalpinang dan Walikota Pangkalpinang saat mengumumkan hasil uji sampel takjil berbuka puasa di Kota Pangkalpinang, di Kawasan Pasar Pagi Pangkalpinang, Jumat (10/5/2019). 

BANGKAPOS.COM - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Pangkalpinang, Hermanto mengatakan makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti boraks, formalin, rhodamin B dan metanil yellow memang tidak berdampak langsung bagi kesehatan, namun memiliki efek jangka panjang.

"Bahan-bahan berbahaya ini efeknya memang tidak langsung tapI jangka panjang sekitar 5-10 tahun terjadi kanker," kata Hermanto usai mengumumkan hasil uji sampel takjil BPOM di kawasan Pasar Pagi Pangkalpinang, Jumat (10/5/2019).

Diketahui BPOM Pangkalpinang menemukan satu sampel makanan yakni apem yang mengandung rhodamin dari 82 sampel yang diuji.

Rhodamin B ialah pewarna tekstil yang tidak boleh digunakan untuk makanan.

"Rhodamin B itu bisa digunakan pewarna tekstil, kertas yang tidak boleh bagi makanan karena sangat membahayakan bagi kesehatan. Takjil ini kan untuk kita dan dikonsumsi sehingga harus aman," katanya.

Ia juga mewanti-wanti masyarakat tidak tergiur dengan makanan yang memiliki warna mencolok, pasalnya bisa saja mengandung bahan kimia berbahaya.

"Masyarakat suka membeli makanan yang mencolok, pewarna tekstil yang berbahaya itu kalau digunakan ke makanan warnanya ngejreng," sebutnya.

Tak hanya soal bahan berbahaya, Hermanto juga mengingatkan tentang cara pengolahan dan penyajian agar tetap memperhatikan sanitasi dan higienis.

"Kita juga mengimbau pelaku usaha selain makanan berbahaya, tapi juga harus menyajikan dan mengolah makanan dengan higienis kebersihan juga dijaga dari segi kesehatan," katanya.

(Bangka Pos/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved