Berita Pangkalpinang

Calhaj Pelunasan Tahap 2 Disuntik Vaksin Meningitis

Suntik meningitis ini sangat penting sebagai imun untuk meningkatkan kekebalan tubuh JCH dari serangan virus meningitis.

Calhaj Pelunasan Tahap 2 Disuntik Vaksin Meningitis
Bangka Pos/Edwardi
Jemaah Calon Haji (CJH atau Calhaj) Kota Pangkalpinang yang masuk kuota keberangkatan tahun 2019 dan telah melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Tahap 2 disuntik vaksin meningitis di Puskesmas Girimaya, Jumat, (10/05/2019). 

BANGKAPOS.COM  -- Sebanyak 15 orang Jemaah Calon Haji (CJH atau Calhaj) Kota Pangkalpinang yang masuk kuota keberangkatan 2019 dan telah melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap 2 disuntik vaksin meningitis di Puskesmas Girimaya, Jumat, (10/05/2019).

Kepala Seksi penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang, Hj Nurmala menjelaskan JCH yang disuntik meningitis merupakan JCH yang telah selesai melakukan pelunasan BPIH pada tahap 2.

"Para JCH tersebut masuk dalam kategori memahami, sudah haji dan lansia," ujarnya.

Dijelaskannya, suntik meningitis ini sangat penting sebagai imun untuk meningkatkan kekebalan tubuh JCH dari serangan virus meningitis.

"Suntik meningitis ini juga termasuk dalam salah satu persyaratan istitoah kesehatan JCH yang diatur dalam Permenkes No. 16 Tahun 2016 dan surat edaran Dirjen Haji No.4001 Tahun 2018 yang mengatur bahwa persyaratan istito’ah kesehatan tersebut harus diimplementasikan melalui pemeriksaan kesehatan dan suntik meningitis ini," jelasnya.

Suntik meningitis ini juga diwajibkan oleh Pemerintah Arab Saudi kepada semua JCH dari seluruh negara, karena meningitis adalah penyakit infeksi yang sangat berbahaya, namun dapat dicegah dengan cara vaksinasi.

(Bangka Pos/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved